Saya btw jadi agak tidak jelas dgn maksud "Memindahkan Ibu Kota:
Solusi paling andal mengatasi masalah banjir". Maksudnya itu
memindahkan pemerintahan ibu kota atau kota jakarta dipindahkan
mentah2 beserta isinya?

Bila yg dimaksud yg pertama, cukup relevant krn sudah ada contoh
nyata spt canberra yg dulu dijadikan alternative ibu kota australia
setelah sydney n melbourne satu sama lain tidak mau saling mengalah
dalam mencalonkan kota mereka jadi ibu kota.

Tapi bila yg dimaksud yg kedua, pertanyaannya adalah apakah solusi
itu masuk akal? ditinjau dari segi ekonomi, historis, geographi, etc.

Thanks,
Arry

Heri Setiono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebenarnya akan lebih baik kalau email saya ditelaah dengan lebih
mendalam sebelum merasa diri sendiri aneh :-). Banjir adalah salah
satu akibat dari banyaknya masalah yang timbul dengan menjadikan DKI
sebagai ibu kota Negara sekaligus sebagai pusat bisnis di Indonesia
plus kebijakan sentralistis yang dianut oleh rejim sebelumnya sejak
kita merdeka.Uang yang banyak (konon 70% sirkulasi uang beredar ada
di Jakarta or Jabotabek) membikin nafsu membangun yang membabi buta
dengan tidak memperhatikan daya tampung alami yang dimiliki daerah
ini.
>   Jika kita membikin list akan terlihat begitu banyak masalah yang
terjadi : banjir, polusi (perlu diingat hanya ada beberapa hari di
Jakarta dalam setahun yang dikategorikan bersih), tingginya
kriminalitas, makin membanjirnya pengemis dan anak-anak jalanan dsb.
Mempertahankan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dalam kondisi saat ini
saya rasa kita akan seperti katak yang direbus secara perlahan-
lahan . Saya merinding melihat kondisi banjir yang makin parah tiap
tahun bahkan makin meluas hingga Tangerang dan Bekasi (oleh karena
itulah konsep Megapolitan jangan-jangan hanya memperluas areal banjir
di masa depan). Bahkan saya dengar jikapun kanal selesai dibangun
hanya menyelesaikan masalah banjir sekitar 25%.
>   Sebenarnya ide pemindahan Ibu Kota bukan hanya terdengar sekarang
ini. Konsep ini  sudah pernah diimplementasikan negara lain seperti
Turkey yang memindahkan ibu kota dari Istanbul ke Ankara.

Kirim email ke