Mbak Munarti,

Saya setuju dgn Mbak Dita bahwa pengalaman melahirkan itu
tidak selalu sama. Yg penting mengenali tanda2nya, dan rileks aja,
jangan terlalu tegang. Serahkan semuanya pd Yang Diatas.
Pengalaman saya, sehari sbl melahirkan saya keluar flek
kemerahan, tp sedkit sekali. Saya nggak berasa apa2. Atas
desakan suami saya, saya ke RS, ternyata baru pembukaan 2.
Tengah malamnya saya baru terasa mulas dan esok paginya
waktu mau periksa dalam, rasanya mules banget kayak mau
kebelakang. Tau2 ketuban "muncrat", dan akhirnya proses
melahirkan berjalan.

Secara umum, tanda2 obyektif sebelum melahirkan :
1. Keluarnya lendir yang bercampur dengan darah. Hal ini
disebabkan pendataran serviks yg mengakibatkan pembuluh darah
didaerah tsb pecah, disertai sekresi dari kelenjar2 diderah tsb.
2. Rasa spt mau BAB, karena kepala janin sudah berada di bag.
bwh panggul, dan menekan saraf2 didasar panggul.
3. Ketuban pecah. Bisa sedikit2 bisa juga langsung banyak.
4. Kontraksi yang semakin lama intervalnya semakin pendek dan
intensitasnya semakin kuat.
5. Sakit pinggang bagian belakang.
Tanda2 itu bisa bersamaan maupun satu2 munculnya. Dan jangan
panik, kalau ketuban sudah pecah, krn biasanya yg ada
komplikasi bila sudah lebih dari 10 jam sejak ketuban pecah blm
ditangani. Air ketuban warnanya bening keputihan (mungkin kayak
air kelapa ya..) baunya agak amis.
Pd usia 8 Bln lebih, persalinan dapat terjadi kapan saja. Jd
persiapan sebaiknya sudah ada. Saya melahirkan maju 12 hari dr
tgl perkiraan.
Yang penting keep relax. Itu sudah dukungan yg terbesar utk
memperlancar proses persalinan. Jgn lupa senam hamil..

Semoga lancar,

Bundanya Salsabila