Selamet ya Mbak, udah 8 bulan. Saya juga dulu begitu, bingung...gimana ya ciri-ciri
mau melahirkan. Tanya kiri dan kanan...eh...taunya yang saya alami lain tuh.

Saya dibilangin sama perawat waktu ikut senam hamil. Bedanya air ketuban dan urin,
bisa diketahui dari warnyanya. Air ketuban yang baik warnanya jernih sekali, urine kan
rada-rada kuning. Air ketuban juga engga berbau sama sekali, sedangkan urine kan bau
pesing. Yang jelas, kalau kita pipis atau ngompol kan bisa ditahan supaya engga
kebablasan keluarnya. Kalau air ketuban ya engga bisa, biar ditahan setengah mati,
tetep aja ngocor.

Menjelang kelahiran anak saya yang pertama, air ketuban saya sempet merembes (bukan
pecah). Waktu itu saya sedang berjalan di dalam rumah, tau-tau ya kayak orang
ngompol...serrrr...aja keluar. Saya coba tahan kok engga bisa...serr...keluar
kira-kira selama 10 detik. Buru-buru saya ke kamar mandi...tau-tau berhenti. Saya
lihat pembalut saya udah basah kuyup, tembus sampe kena celana dalam dan celana
pendek. Tapi, engga sampe ngalir ke paha/kaki. Tapi, saya langsung tau ini air
ketuban, bukan ngompol.

Saya masih tenang-tenang aja, makan siang dulu, malah sempet naik ke lantai tiga buat
ngambil sikat gigi. Baru ke rumah sakit, habis selama itu belum ada mules secuilpun.

Terus, kata orang sakit / mules mau melahirkan, lebih terasa dipinggang daripada di
perut. Kata orang pinggang rasanya kayak mau patah. Tapi, saya engga merasa gitu tuh,
cuma sakit perut aja setengah mati. Mungkin karena sebagian besar orang merasa sakit
pinggang, para perawat di RS pada sibuk mijitin pinggang saya, sambil nanya...enakan
engga, bu ? Padahal saya kan egga sakit pinggang, tapi berhubung sakit perut minta
ampun saya juga engga bisa protes, jadi saya biarin aja.

Yang jelas, menurut buku-buku yang saya baca, kita harus segera ke rumah sakit kalau
air ketuban pecah atau kalau mulesnya sudah berselang setiap 10 menit sekali. Biasanya
kalau udah 8 bulan suka kerasa perutnya kenceng-kenceng kan ? Itu perutnya lagi
latihan untuk kontraksi beneran.

Semoga penjelasan ini menambah masukkan ya...dan semoga persalinannya lancar...

salam,

mama john