Selamat yach Mba atas kehamilan pertamanya.

Memang sangat individual sekali tanda2 melahirkan, antara ibu yang satu dengan
yang lain ada yang ekstrem sakit ada yang tidak sakit. Malahan saudara saya
sudah punya anak 3, katanya rasa mulasnya tidak sakit hanya seperti orang mau
BAB, nah ... lo.. enak sekali bisa2 punya selusin nantinya...

Sebaiknya Mba ikut senam hamil setelah 7 bulan setelah konsultasi dengan DSOG
dulu.  Ada baiknya ikut senam hamil karena disana diajarkan bagaimana melatih
otot kaki, perut, vagina (maaf) dan juga cara melakukan pernafasan. dan tips2
menanggulangi/pengalihan rasa mulas.

Ada tips yang masih saya ingat yang diajarkan oleh bidan, sewaktu mulas nanti
kita tidak boleh panik atau ketakutan sebaiknya kita harus ambil nafas dan
hembuskan.  Kalau kita ketakutan atau menjerit malahan akan merasa tambah sakit
dan takut. Seharusnya dengan adanya mules itu berarti tanda mau melahirkan, kita
harus merasa bahagia karena sebentar lagi kita akan bertemu dengan buah hati
tercinta, jadinya kelahiran itu benar2 kita harapkan.  Pada waktu mules mau
melahirkan sebaiknya tidak boleh menjerit2/menangis karena apabila sudah saatnya
pembukaan/melahirkan takutnya kita sudah kehabisan nafas/kecapean.  Pada waktu
rasa mulesnya mulai, kita harus ambil nafas.

kalau pengalaman saya dulu waktu anak pertama mulesnya cukup lama  masuk rumah
sakit jam 9 pagi sudah pembukaan 2 sampai jam 10 malam baru pembukaan 4 makanya
sama dokter diinfus terus lahirnya jam 12 malam. Kalau anak saya yang ke dua
cepat sekali jam 4 pagi mules ke RS jam 6 pagi sudah melahirkan.

Waktu saya di rumah sakit sewaktu masih pembukaan 2 saya dimasukkan ke kamar
tunggu yang isinya 3 tempat tidur disekat dengan kain, ibu-ibu di sebelah saya
selalu teriak2 dan ada yang mengeluh mau menangis padahal khan itu sudah
kehamilan yang ke tiga, cukup membuat saya down karena waktu itu kehamilan saya
yg pertama. Untung saya bawa walkman saya putar keras2 sehingga suara jeritan
ibu2 tetangga itu tidak kedengaran. Paling2 sewaktu mulesnya kambuh saya
miringkan badan dan tarik nafas atau saya remas2 badan suami saya alhasil saya
tidak teriak2 tapi badan suami saya jadi pegel2 :-)

ups... udah kepanjangan nich.. sorry yach...

kasih kabar yach kalau si kecil sudah nongol ke dunia...

salam manis
mamanya Irvan
The information transmitted is intended only for the person or entity to which
it is addressed and may contain confidential and/or privileged material.  Any
review, retransmission, dissemination or other use of, or taking of any action
in reliance upon, this information by persons or entities other than the
intended recipient is prohibited.   If you received this in error, please
contact the sender and delete the material from any computer.