Terima kasih Pak Eddy atas penjelesannya, mungkin saya salah dengar dulu itu,
yang dimaksudkannya barangkali adalah dari ISSN ke ISSN tetapi dengan status
akreditasi yang berbeda.

  CD IPA sama persis dengan buku proceedings-nya, hanya yang bukunya telah
memiliki ISBN. Aneh rasanya kalau makalah yang sama di CD dan bukunya, tetapi
tak bisa di-claim hanya gara-gara di dalam CD. Bagaimana kalau di-print saja
Pak yang di CD itu dan cukup ditanyakan saja ke IPA berapa nomor ISBN
proceedings-nya.

  salam,
  awang

Eddy Subroto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Mas Awang,

Saya mau memperjelas sedikit, karena saya tidak yakin kalau ada permintaan
pengubahan dari ISSN ke ISBN. Karena MGI adalah majalah/jurnal, maka ya
tentu saja pendaftarannya akan memakai ISSN (serial) dan bukan ISBN
(book). Di dunia akademik, keduanya diakui dan mendapat nilai yang cukup
tinggi. Yang menjadi perhatian para akademisi adalah aturan yang
menyebutkan adanya akreditasi jurnal. Depdiknas melalui Dikti (Pendidikan
Tinggi) mengeluarkan akreditasi jurnal; A, B, C, dan tidak terakreditasi,
sekarang berubah menjadi A, B dan tidak terakreditasi. Untuk naik jabatan
ke Lektor Kepala, apalagi ke Guru Besar maka makalah yang dapat
diperhitungkan adalah makalah yang dimuat di jurnal terakreditasi. Jadi
kalau makalah seorang akademisi dimuat di jurnal tidak terakreditasi, maka
makalahnya masih dapat poin akan tetapi tidak dapat digunakan sebagai
makalah utama untuk kenaikan jabatannya.

Saya tadi bertemu di dua rapat dengan Pak Zaim dan karena cerita saya
dianggap sudah jelas maka beliau tidak mau menambah komentarnya di milis
ini. Nah, bagi kami yang hobi menulis, tidak masalah apakah makalah kami
akan dimuat di buku prosidings atau di CD (yang sulit dipakai naik
jabatan). Walau AAPG mentradisikan CD toh kami tetap saja memasukkan
makalah ke situ. Kalau tidak ada orang yang ngotot seperti kami, bagaimana
mungkin kita akan mengubah tradisi?

Wasalam,
EAS

> Nah, itu juga alasan yang selalu dikemukakan kebanyakan teman akademisi
> saat saya minta menyumbang tulisan untuk Majalah Geologi Indonesia (MGI).
> Saat ini MGI punya no. ISSN 0216-1061. "Wah, kalau hanya ISSN malas-lah,
> coba naikkan dulu ke status ISBN, baru nanti saya kontribusi tulisan"
> begitu kata seorang teman dari Perguruan Tinggi. Nilai kum jurnal ber-ISBN
> lebih tinggi daripada nilai kum jurnal ber-ISSN. Hm...ada maksud lain
> rupanya dengan menyumbang tulisan itu, tadinya saya hanya berpikir
> "scientist must write" Maka MGI pun sangat sepi dikontribusi...

> [...]

PEMILU KETUA UMUM IAGI 2008-2011:
* pendaftaran calon ketua: 13 Pebruari - 6 Juni 2008
* penghitungan suara: waktu PIT IAGI Ke-37 di Bandung

=== message truncated ===