Australia membebaskan datanya di download dan dikerjakan siapa saja, dimana
saja. Saya yakin karena Australia kekurangan human resources yg mengerjakannya.
Data Indonesia semestinya membebaskan terbuka datanya asalkan berada di
Indonesia saja, karena tenaga kerja Indonesia membutuhkan pekerjaan. Sehingga
data harus tetap didalam negeri supaya multiplier effect dari pengerjaan dan
analisa data juga sampelnya berada di Indonesia. Semestinya siapa saja boleh
mengaksesnya asalkan datanya tetap di dalam NKRI. Setiap negara perlu kebijakan
sesuai kondisi negaranya.

Untuk itu yg diperlukan dari pemerintah adalah pembentukan "Data Auditor".
Tugasnya memeriksa perusahaan yg beroperasi di Indonesia utk tidak mengirimkan
data/sampel ke luar NKRI.
Open Conmunity Asean 2015 merupakan salah satu pintu terbuka utk orang asing
masuk. Sesuai semangat keterbukaan. Tapi negara masih bisa menahan data yg
merupakan properti milik negara.

Rdp

Sent from my iPhone

> On 16 Agt 2014, at 13.26, "Dody Darmawan dodydarma...@hotmail.com
> [economicgeology]" <economicgeol...@yahoogroups.com> wrote:
>
> Rekan-rekan MGEI,
>
> Sekedar sharing, berikut adalah contoh situs-situs dari beberapa geological
> survey di Australia  yang menyediakan data-data geology, geophysics dan
> geokimia yang bebas untuk di download.
> NSW Geological Survey http://dwh.minerals.nsw.gov.au/CI/warehouse
> QLD Geological Survey http://qdexdata.dnrm.qld.gov.au/flamingo/
> WA Geological Survey
> http://geodownloads.dmp.wa.gov.au/datacentre/datacentreDb.asp
> [...]

Siapkan waktu PIT IAGI ke-43

Mark your date 43rd IAGI Annual Convention & Exhibition

JAKARTA,15-18 September 2014

Hubungi Kami: http://www.iagi.or.id/contact

Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa)