>  Biasanya kalau saya sudah melontarkan: ok siapa yang mau volunteer?
>  Diskusi kembali menjadi sepi...
>  Yah, memang masih demikian lah.

Yaah, mungkin OK-nya bisa dicoba yang lebih spesifik,
saya kira dalam hal ini Mas Budi lebih banyak tahu tentang
sistem-nya, dari pengalaman yang se-abreg, dan juga
masukan dari komunitas.

Nah mungkin yang dilempar dan dicari volunteer adalah
permasalahahan di dalam subsistem2, sehingga lebih
spesifik.

Kalopun masih belum jalan, dulu pernah ada yang menyarankan
dibikin kontrak, yang ini mungkin jadi bukan volunteer lagi
tapi komersil, dan tentunya perlu dana. Kira-kira apa tidak mungkin
mengajukan dana ke pemerintah melalui lembaga atau dirjen terdekat?
Project jatim.go.id aja bisa keluar dana hampir 10M loh .. :).

Andrew