> Yaah, mungkin OK-nya bisa dicoba yang lebih spesifik,
> Nah mungkin yang dilempar dan dicari volunteer adalah
> permasalahahan di dalam subsistem2, sehingga lebih
> spesifik.

Saya kira yang dimaksud pak Budi adalah volunteer bagi soal domain yang
sudah jelas ada dan dikelola IDNIC, karena volunteer yang lama kan perlu
diganti (ndak bisa seumur hidup ;-)). Seperti yg dilakukan pak Boby untuk
domain ac.id nya. Mungkin juga yang berminat menjadi volunteer cukup
banyak, namun demikian problem mulai tampak ketika belum ada kesesuaian
soal mekanisme pengelolaan domain tsb dari sisi admin yang lebih smart
meski mempergunakan akses internet dial-up.

Bila itu tidak memungkinkan maka volunteer mau tidak mau harus dipilih
dari personal yang lokasinya dekat kantor IDNIC, agar bisa bekerja part
time disitu :-). Dengan demikian kendala soal cost akses internet
volunteer ataupun kendala teknis kecilnya bandwith internet yg dimiliki
dari volunteer tsb bisa dihilangkan. Tentu saja apabila hal ini
ditempuh. Maka komunitas perlu lapang dada karena yang akan terpilih
menjadi volunteer hanya yang bertempat tinggal di sekitar kantor IDNIC
:-).

Mungkin bila IDNIC sudah siap nantinya bisa dipersiapkan model server plus
software client-nya sehingga siapapun dan dimanapun di Indonesia bisa
menjadi volunteer, bila perlu admin-admin warnet pun bisa dijadikan
volunteer karena dengan demikian mekanisme pengelolaannya menjadi bisa
lebih terukur dan jika ada keterlambatan bisa diketahui lebih dini.

Salam
-marno-