Bung Syafril,

Maafkan saya, karena saya pikir milis ini adalah supporting milis
untuk para pengguna MDaemon yang telah ter-registrasi; sedangkan
saya masih dalam tahap mengevaluasi.

> Pada saat Dequeue tidak masalah ?
> Jika  MDaemon  Anda  menggunakan  Fixed  ip,  sebenarnya  lbh  mudah utk
> mengatur  Relay Authorization di Exchange Servernya, agar utk domain (yg
> digunakan   MDaemon)  dan  ip  (yg  digunakan  MDaemon)  boleh Relay (eh
> ngomong-2x  Anda  sdh  kasih  Trustee  di Exchange spy MDaemon Anda bisa
> Relay melalui Exchange belum ?).

Kayaknya saya perlu bercerita lebih banyak mengenai kondisi kami.

Perusahaan kami terletak pada 3 lokasi yang berbeda dan kami punya
Mail Server yang dialokasikan pada ISP kami.  Untuk mempercepat
proses user d/l e-mail, saya mencoba menggunakan MDaemon dan MultiPOP.

Server kami menggunakan Exchange (tentunya dengan fixed IP), sedangkan
kantor utama menggunakan MDaemon (dan fixed IP).  Kedua lokasi lain
menggunakan fixed IP juga (pakai dialup), namun bila bermasalah, maka
kita harus dial ke nomor lain (jadi IPnya berubah).

Kami ingin menutup Open Relay, tadinya kita menggunakan cara yang
tertera pada TechNet, yaitu pada URL ini
http://www.microsoft.com/technet/exchange/relay.asp
namun MDaemon tidak dapat melakukan SMTP ke server tsb.

Tadinya kami mencoba mengubah setting Exchange untuk Connection agar
diberikan pada authenticated user/host.  Cara ini berhasil bila semua
user diconfigurasikan untuk mengirimkan data username dan password
pada mail client s/w mereka.  Namun saat kami coba dengan MDaemon
dengan mengkonfigurasikan:
- Use ESMTP Auth when sending mail to ISP Gateway
- Use ESMTP Auth when sending dequeue signal to host
Namun masih belum berhasil.

Agar bisa berjalan, akhirnya saat ini Exchange kami masih Open Relay :(

Mohon pencerahannya agar Exchange tidak Open Relay dan MDaemon dapat
melakukan SMTP ke Exchange tsb :)

Terima kasih atas bantuannya.

Salam,
Hian