Hello Hianoto Santoso and all MDaemon-L ListMember,

On  Thu,  18  Jan 2001 at 13:56:45 GMT +0700 (which was 18/01/2001 13:56
where you think I live) you told to the list:

HS> Mail  Server  utama  pakai Exchange Server SP3 (belum diapply ke SP4
HS> sih).  Betul,  kita  punya  hak  untuk  install apapun. Namun karena
HS> MDaemonnya masih belum dibeli, kita pakai Exchange yang memang sudah
HS> kita  beli.  Untuk  Cabang  1  dan 2 konek ke server kita (bisa mail
HS> server  utama  maupun cadangan, karena masing2 server telah diberi 2
HS> modem dan di-assign 2 fixed IP Address).

HS> Maaf, mungkin belum jelas sebelumnya nih... :)  Pakai Exchange
HS> kita sendiri, terus menggunakan DNS bukan di-forward ke SMTP-nya
HS> ISP koq.

OK.

HS> Mail server utama: company.co.id
HS> Kantor utama: utama.company.co.id
HS> Cabang 1: cabang1.company.co.id
HS> Cabang 2: cabang2.company.co.id

HS> Namun,  MX  record  hanya  mencantumkan  company.co.id,  dimana yang
HS> utama,  cabang1,  dan cabang2 hanyalah dapat digunakan internal saja
HS> (tapi  tidak  antar  lokasi),  karena  tidak  didefinisikan dalam MX
HS> record di DNS.

Oh gitu...memang company policynya spt itu ya :-)

HS> Tapi kita harus connect 24 jam, jadi cukup mahal.. bandingkan dengan
HS> konfigurasi sekarang, dimana kita cukup dial ke server sendiri, jadi
HS> cukup bayar telpon saja, tanpa perlu membayar ISP untuk internet akses.

Setahu  saya  pulsa  Telkomnet  Instan di Jawa Tengah adalah Rp. 110 per
menit (ini bahkan lbh murah dpd Pulsa di Jakarta saat Business Time).
Dan  justru  kekuatan  utama  dari MDaemon adalah di Dial Up Connection,
baik  menggunakan  Dynamic  IP maupun (apalagi) static ip, tp tentu saja
pra kondisinya perlu dipenuhi :-)

HS> Betul, Reroute Incoming memang aktif..

Kalau   posisinya  spt  itu (Mail Domain utk cabang adalah Fake Domain),
sebenarnya  di  cabang  cukup di setting primary domain = company.co.id,
lalu   di   MDaemon   cabang  di  set Domain (Address Translation), agar
outbound  mail  dari  domain cabangX.company.co.id otomatis di translate
menjadi  company.co.id, dg demikian tidak menjadi masalah utk Routing di
Exchange  (di  Exchange  Anda  tinggal  atur Route to Inbound saja tanpa
perlu  membuat  restriction  krn isi Routing Domain adalah company.co.id
saja).

HS> Nah itulah dia, kayaknya RFC-nya ndak sama yah ??  Kebetulan saya ndak
HS> pernah pakai TheBat!  Apakah hanya bisa dicheck dengan TheBat! ??

Mungkin  bisa begini, create test account di Server Anda, saya bisa coba
dari sini (off list saja <G>).

HS> Betul, untuk itu kita pakai NAV for MS Exchange...

Dimengerti.

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Kamis 18 Januari 2001, 16:36:35 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 4.0.0 beta E  di NT4 SP6a