Hello Hianoto Santoso and all MDaemon-L ListMember,

On  Thu,  18  Jan  2001 at 07:15:29 GMT +0700 (which was 18/01/2001 7:15
where you think I live) you told to the list:

HS> Terima  kasih  atas effortnya untuk mendukung MDaemon (dan s/w lain)
HS> di Indonesia, I really appreciate that.

Kebetulan  saja saya kenal dan suka dg Developernya (umumnya s/w yg kami
wakili  begitu <G>), khususnya MDaemon saya gunakan sbl mrk bergabung dg
Deerfield.Com  (sampai-2x  kami diberi free unlimited license mulai dari
awal   menggunakan   MDaemon  s/d  versi  yg  terakhir,  yg  memberikan
Developernya lho bukan Deerfield <G>).

HS> Betul, kantor utama terkoneksi dengan Leased Line.  Jadi disini ada empat
HS> lokasi, sbb:

HS> 1. Mail Server utama ditempatkan di ISP (Colocation)
HS>    - Remote Access Server utama untuk Cabang 1 & 2 (Fixed IP)

Disini menggunakan Exchange atau MDaemon atau ISP Mail Server ?
Kalau  Colocation,  mestinya  Anda  punya  hak  utk menginstall software
apapun yg Anda ingini.
Jadi Cabang 1 dan 2 koneksi (LAN Dial) ke ISP yg sama ?

HS> 2. Lokasi Utama: (Fixed IP)
HS>    - Exchange Server (berfungsi sebagai SMTP alternatif)
HS>    - MDaemon (SMTP all forward ke Exchange diatas dan MultiPop
HS>      ke Mail Server utama untuk user di Lokasi Utama)

Hmm...nampaknya Mail Server Utama menggunakan milik ISP ?

HS>    - Remote Access Server cadangan untuk Cabang 1 & 2 (Fixed IP)
HS> 3. Lokasi Cabang 1:
HS>    - MDaemon (SMTP dan MultiPop ke Mail Server utama)
HS> 4. Lokasi Cabang 2:
HS>    - MDaemon (SMTP dan MultiPop ke Mail Server utama)

OK.
Semua menggunakan Mail Domain yg sama ?

HS> Bila Cabang 1 & 2 gagal connect ke RAS utama dan cadangan, maka mereka
HS> akan connect ke ISP lokal; maklum kita berlokasi di Ungaran dimana
HS> jalur telpon sangat buruk :(

Bgm  dg  Telkomnet Instan ? Di Jawa Tengah biaya Telkomnet Instan sangat
murah (beda dg Jakarta yg sangat mahal) ?

HS> Errornya
HS> 550: Relaying is prohibited (bila Routing Restriction diaktifkan menurut
HS> Technet)

Anda  maksud  dg   memilih "Reroute Incoming SMTP Mail" ? Hm...nampaknya
Cabang menggunakan Mail Domain yg berbeda ya ?

HS> 505: Authentication required  (bila Connectionnya harus menggunakan
HS> Authentication)

Sudah dicoba mengggunakan NT LM Authentication ? Bagaimana hasilnya ?
Nampaknya  ESMTPAuth  yg  digunakan  Exchange perlu diteliti lbh lanjut,
apakah  sesuai  dg  RFC-2554  (spt  yg digunakan MDaemon), atau RFC-17xx
(lupa persisnya) spt yg digunakan Outlook Express (saya biasanya test dg
The Bat! yg kebetulan support ke-2 nya).

HS> Pertimbangannya, SMTP ISP ndak ada AntiVirusnya :(

Anda  menginginkan  Inbound  dan  Outbound mail di screen dulu oleh Anti
Virus ?

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Kamis 18 Januari 2001, 10:29:16 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 4.0.0 beta D  di NT4 SP6a