Muhammad Arfian writes:

Assalaamuâalaykum wa Rahmatullaahi wa Barakatuhu

Wa 'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,

Sejujurnya saya sangat sedih membaca e-mail Uda yang ini.

Saya di sini berdiskusi dengan berusaha mencari persamaan-persamaan di
antara kita, tetapi saya melihat sanak mengajak saya berdebat, suatu hal
yang seharusnya dihindari oleh kaum muslimin, karena hanya memperlebar
perbedaan-perbedaan yang ada. Saya katakan di sini saya tidak ingin berdebat dengan sanak, kalau sanak ingin berdebat, silahkan lakukan sendiri.

Telah saya katakan di awal bahwa pertanyaan saya ini bertujuan untuk saling menasihati. Saya ingin mencari kebenaran bukan persamaan. Bagaimana caranya?

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (QS. An-Nisaa 4:59)

Itulah alasan saya berusaha menyertakan dalil karena kita sepakat bahwa yang benar adalah yang berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah sesuai pemahaman salafush shalih.

Tendensi
berdebat ini saya lihat juga karena sanak tidak menjawab
pertanyaan-pertanyaan saya dan juga tidak memberikan alternatif terhadap
hal-hal yang sanak anggap tidak sesuai dengan sanak. Juga ketika kita
berbicara masalah teknis, sanak terus saja berbicara tentang hal-hal yang
normatif, sehingga terlihat diskusi di sini tidak nyambung, hanya
berputar-putar tanpa menghasilkan sesuatu yang kongkrit.

Sebenarnya mungkin diskusi ini agak kurang terarah karena pertanyaan-pertanyaan saya berkenaan dengan aitivitas PKS sehingga lebih tepat dijawab oleh kader-kader PKS. Namun Uda menjawab maka berlanjutlah diskusi ini.

Mohon ditunjukkan pertanyaan-pertanyaan yang belum saya jawab serta bagian yang tidak cukup teknis. Jika saya tahu akan saya jawab, jika tidak akan saya katakan tidak tahu.

Wa Allahu a'lam bish shawab.

Ahmad Ridha