Pertanyaannya, pasien mana yg mau dibohongi dokter saat ini?

Ada dokter yg laku keras dan ada yg nggak laku. Pasien itu kan konsumen. Dia
akan pilih dokter yg beruptasi baik dan nggak asal pilih.

Dokter yg cerdas, akan tahu obat mana yg cocok utk penyakit X. Dan nggak asal
comot. Jika dia asal comot utk ngejar target "komisi" dari perusahaan farmasi,
salah2 dia menjadi dokter yg nggak laku. Apa nggak malah rugi?

Dan sudah jadi rahasia umum kalo si dokter itu laku keras, tarif berapapun maka
pasien akan tetap mau bayar. Inilah yg dinamakan reputasi. Reputasi itu
mahal tak ternilai harganya ketimbang komisi perusahaan farmasi.

Dan apakah dokter masa kini itu di-qiyas-kan sbg pegawai ataukah pengusaha?
Seorg pengusaha A yg telah membeli barang banyak dari pengusaha B, maka
wajar saja jika si B ingin memberi komisi kepada si A utk menjaga hubungan
baik. Apakah pengusaha A disuap pengusaha B? Ingat, ini hubungan antar
pengusaha yg sama2 owner perusahaan.

hanif

2010/12/15 probo nurwachid <probo.abuhamz...@gmail.com>

> Sales obat tentu terikat gaji dg perusahaannya. Dan perusahaanlah yg
> membayar bonus tsb,bkn dr uang pribadi. Itu memang bagian dana promosi
> obat. Kalau di consumer good dana itu biasa dialokasikan ke iklan atau
> hadiah utk toko dg jumlah pembelian tertentu.
>
> Masalahnya bkn pd hubungan sales dan perusahaannya,tp tentang boleh
> tidaknya pihak ketiga memberi bonus ke dokter. Dalam banyak kasus,
> perusahaan obat bs mendikte dokter dg bonusnya.
>
> Perusahaan2 yg bergerak di bidang supplier biasanya jg mengalokasikan
> dana utk komisi bg bag pengadaan perusahaan kliennya.

> [...]

Kirim email ke