Om Swastyastu,

1. Walau bagaikan melawan arus, atau apalah namanya :
bagaikan menegakkan benang basah, tetapi kita tetap
akan memperjuangkan Nyepi diakui dan diadaptasi oleh
dunia internasional, karena secara ilmiah kita bisa
membuktikan bahwa Nyepi sehari saja dapat menyumbang
pengurangan emisi GRK.
2. Manusia selalu dihadapkan pada alternatif : memacu
pertumbuhan ekonomi disatu pihak, dan merusak alam di
pihak lain. 'Kerugian' dalam bentuk material (laju
pertumbuhan ekonomi = 0) karena Nyepi sehari, akan
membawa 'keuntungan' pada perpanjangan usia bumi.
Tidakkah yang kedua ini lebih penting ?
3. Memperjuangkan Nyepi adalah missi suci, karena
meneruskan ajaran Mpu Kuturan lebih dari 11 abad
lampau.
4. Yang perlu ditekankan adalah : Kita (Hindu-Bali)
yang mengaku sebagai pewaris ajaran Mpu Kuturan
seharusnya menjadi contoh/panutan dalam Trihitakarana.
Jangan sampai kita melanggar. Lebih tegas lagi kalau
kita menyembah Ida Mpu Kuturan di Pura/ Sanggah
(distanakan dalam pelinggih Manjangan Saluwang) akan
sangat berdosa bila kita sendiri melanggar
ajaran-ajaran beliau.
5. Menjadi kewajiban bagi kita (N.G.O) untuk terus
mengingatkan Pemerintah untuk tidak melanggar
Trihitakarana. Sekali lagi, walaupun ibarat menegakkan
benang basah. Karena itulah yang disebut 'Dharma'

Om Santih, santih, santih, Om
Bhagawan Dwija

--- Pan Bima <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mbak Vieb,
>
> Dari dulu P. Sudja memang hebat lho. Dalam usia 70
> (betul ya Pak ?)
> masih bisa keluar angka-angka yang akurat. Orang
> teknik memang harus
> seperti itu, harus keluar angka-angka, sehingga
> diskusipun bisa
> langsung fokus.
>
> Ketika penolakan terhadap PLTGU Pemaron berlangsung
> 5 tahun yang lalu,
> P. Sudja sangat membantu kelompok masyarakat yang
> menolak keberadaan
> PLTGU Pemaron. Argumentasi para penolak menjadi
> [...]
=== message truncated ===

Get easy, one-click access to your favorites.
Make Yahoo! your homepage.
http://www.yahoo.com/r/hs

--
Milis Diskusi Anggota LP3B Bali Indonesia.

Publikasi     : http://www.lp3b.or.id
Arsip         : http://bali.lp3b.or.id
Moderators    : <mailto: [EMAIL PROTECTED]>
Berlangganan  : <mailto: [EMAIL PROTECTED]>
Henti Langgan : <mailto: [EMAIL PROTECTED]>

Kirim email ke