Assalamu'alaikum wr.wb.

Sebelum saya menyampaikan sedikit urun rembug, ada sedikit hal yang
mengganjal dalam benak saya : "Benarkah ada Saldo Kas di Bendahara
Pengeluaran yang dilaporkan lebih besar dari Saldo Kas di Bendahara
menurut KPPN?"  Kalau benar, kenapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana
solusinya?

Yang perlu kita cermati disini adalah perbedaan antara "KAS DI
BENDAHARA PENGELUARAN" dengan "UANG YANG DIPEGANG BENDAHARA
PNGELUARAN"

Sebetulnya, kalau bendahara itu melakukan pembukuan secara tertib,
tentu hal itu tidak akan terjadi, karena kalau semua ditata usahakan
dengan tertib, akan jelas mana "Saldo Kas di Bendahara Pengeluaran"
dan mana "Uang yang dipegang bendahara Pengeluaran".

Saldo Kas di Bendahara Pengeluaran dapat dengan jelas kita lihat dari
Transaksi-transaksi dengan Akun 8251(untuk penambahan saldo Kas di
BP) dan Akun 8151 (untuk pengurangan Saldo Kas di BP).

Bagaimana dengan saldo KAS DIBENDAHARA YANG LAIN?? Disitu juga sudah
jelas.  Jika itu diperoleh dari Jasa giro, berarti harus ditata
usahakan dengan Akun Jasa Giro, Jika ada kelebihan belanja (sisa kas
dari SPM-LS ke Bendahara misalnya) tentunya harus disetor ke Kas
Negara dengan Akun Belanja yang bersangkutan, sedangkan untuk
penerimaan yang lain juga sudah disediakan akun sendiri, dan lain-
lain.  Jadi kalau memang semua dibukukan/dicatat sesuai dengan yang
seharusnya tentu tidak akan terjadi adanya Saldo Kas di Bendahara
Pengeluaran yang negatif.

Barangkali itu saja dari saya, maaf apabila ada yang kurang pas

Wassalamu'alaikum wr.wb.

FIS

--- In forum-prima@yahoogroups.com, Gilang Okta <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dear Prima,
>
> Permasalahan yang kita hadapi pada Laporan Keuangan terkait dengan
akun "Kas di Bendahara Pengeluaran" adalah:
> 1. terdapat saldo kas negatif pada Lapkeu Satker
> 2. akuimulasi saldo kas pada Lapkeu Satker jauh lebih besar dari
saldo kas versi DJPBN

> Beberapa miliser telah menyampaikan sumbang saran untuk
mempercantik Lapkeu terkait dengan permasalahan yang dihadapi
khususnya untuk kas negatif.
> Pada kesempatan ini, sy mencoba untuk memberikan sumbangan
pemikiran atas permasalahan di atas, berikut:

> Akar permasalahan pada butir 1 dan 2 di atas, adalah satu, yaitu:
> kita tidak mengatur treatmen akuntansi terhadap kas bendahara
selain UP/TUP yang nyata-nayata ada, sehingga satker menerapkannya
secara berbeda-beda.

> Sangat dimungkinkan kas bendahara selain UP/TUP (pajak, jasa giro,
potongan harga, saldo kas yang bersumber dari SPM-LS kpd bendahara),
oleh satker diperlakukan sebagai UP/TUP, dalam arti:
> 1. disetor ke kas negara baik sendiri-sendiri atau bersamaan dengan
saldo UP/TUP sebagai UP dengan akun 815114; atau
> 2. dibelanjakan dan dipertanggungjawabkan sebagai UP melalui SPM-GU
Nihil; atau
> 3. tidak disetor dan tidak dibelanjakan tetapi dilaporkan dalam
Lapkeu sebagi Kas di Bendahara Pengeluaran.

> Prilaku satker pada butir 1 dan 2 jelas akan menyebabkan saldo
negatif pada akun Kas di Bendahara Pengeluaran. Sedangkan prilaku
satker pada butir 3 jelas akan mengakibatkan laporan satker akan
lebih besar dari versi DJPBN.

> Berkaitan dengan itu, saya mengusulkan untuk dilakukan pengujian/
penelitian atas Kas di Bendahara Pengeluaran pada satker yang
memiliki kas negatif dan yang mencantumkan kas lebih besar dari versi
DJPBN. Untuk selanjutnya dicarikan jalan keluarnya agar permasalahan
diatas tidak terjadi lagi dikemudian hari.

> Untuk Bpk Bambang Supriadi
> kami sependapat Kas di Bendahara Pengeluaran ditatausahakan dalam
SAP, SAKUN maupun SAI secara terpadu dan terkomputerisasi (klo boleh
saya tambahkan, melalui dokumen sumber/transaksi dengan akun
815111/815114).
> pertanyaannya adalah:
> apakah hal yang sama juga diperlakukan untuk Kas di Bendahara
Penerimaan? ditatausahakan dalam SAP, SAKUN, SAI berdasarkan dokumen
sumber/transaksi?

> disini sy hanya akan mengatakan, apa salahnya apabila saldo kas
bendahara selain UP/TUP, yang nyata-nyata ada, diatur pelaporannya
dalam Lapkeu satker.

> Tks.
>

> Dear Prima,
>
> Kas di Bendahara Pengeluaran (Bdh) tidak hanya UP saja adalah fakta
yang terjadi dilapangan dan dibenarkan berdasarkan peraturan per-uu-
an.

> Fakta dilapangan dapat diuji melalui rekening koran Bdh. ingat jasa
giro dan ingat pungutan pajak terkait dengan asas bruto.

> Apakah SPM-LS hanya digunakan tuk pembayaran langsung kepada pihak
ketiga/end user?   jawabnya adalah tidak!!!

> Psl 1 angka 8 PMK 134 menyatakan SPM-LS juga dapat ditujukan kepada
Bdh. Dengan kata lain, MK dalam hal tertentu dapat mengeluarkan
kebijakan pencairan SPM-LS kepada Bdh dan bahkan ke rekening MK
(escrow acnt).

> Apakah hal ini bertentangan dengan peraturan per-uu-an?
> Jawabannya ada pada Psl 7 ayat (1) hrf a dan Pasl 21 ayat (6) UU
Perben

> Apa yg sy sampaikan terkait dgn Kas di Bdh, sekedar mengingatkan
kepada Bpk/Ibu "kita jangan menutup mata atau mengingkari fakta"
maksudnya tidak lain, agar dapat dicarikan jalan keluarnya tuk menuju
perbaikan bukan mencari kambing hitam.

> Informasi tuk Bpk/Ibu Noeh Cool Cash
> 1. Kas di Bdh Pengel pada Lapkeu Satker banyak yang bernilai negatif
> 2. Kas di Bdh Pengel dalam Lapkeu K/L Th 2006 jauh lebih besar dari
yang tercatat pd DJPBN (versi K/L Rp.1457 M versi DJPBN Rp.297 M),
hal yang sama terjadi pada tahun 2007 (baca LKPP) dan akan kah
terjadi lagi pada th 2008?
> 3. BPK tidak mempermasalahkan SPM-LS kpd Bdh sepanjang diatur oleh
MK, sebaliknya BPK mempermasalahkan perbedaan pada butir 2 di atas.

> TKS atas patisipasinya
>
> MAJU TERUS REFORMASI

Satker, berikut:

> Suatu hari Bendahara Pengeluaran mempertanyakan  LK Smter I kepada
KPA,
> Bdh Pengel :
> Bpk kok berani2nya menyatakan dalam lapkeu Kas di Bdh Pengel
sebesar 20 juta?, bapak kan sudah memeriksa kas sy, kas di kami itu
3.020 jt dengan rincian saldo UP 20 jt, saldo dari SPM-LS yang belum
tersalurkan/ dibayarkan 3.000 jt ( terdiri dari Gaji/TKPKN,
Dana Operasinal Menteri, dan dana penanggulangan bencana).
> KPA:
> kamu itu tidak mengerti akuntansi, menurut Standar Akuntansi sudah
jelas, Kas di Bdh Pengel itu UP yang belum dipertanggungjawabk an.
Jadi kalo sy pake angka kamu itu salah tidak sesuai standar lho.....
dan akan berbeda dengan angka di KPPN gituh.
> Bdh Pengel (kebingungan) : jadi saldo kas yang 3.000 jt tidak
dilaporkan?
> KPA:
> itukan sudah dipertanggungjawabk an dengan SPM-LS dan secara
akuntansi itu sudah dinyatakan sebagai belanja. Ingat lho .....
 lapkeu itu akuntability report, jangan disamakan dengan pembukuan
you kuno........ itu.
> Bdh Pengel (smbil termanggung2 kebingungan) : jadi saldo kas yang
3.000 jt tidak diatur dalam standar akuntansi?
> KPA (dengan yakinnya menyatakan): iyo ......  wong sudah
dipertanggungjawabk an!
> Bdh Pengeluaran (semakin bingung): jadi .........
> KPA (sambil tertawa) : jadi kita atur saja ........ he he he.
>
> Cerita ini juga sangat mungkin terjadi pada akhir tahun anggaran.
Bagaimana menurut miliser? apakah hal ini terjadi pada satker anda?
mohon masukannya ..........