Kalau di Belanda, dulu masuk banyak dokter gigi dari Indonesia.
Mereka tidak boleh jadi dokter gigi, kecuali kalau ikut kuliah dan lulus
ujian di Belanda.
Setelah bertahun-tahun jadi schooltandarts ( dokter gigi untuk periksa gigi
anak2 sekolah),
terjadi perubahan peraturan yang tidak pakai schooltandarts lagi.
Lha dokr2 gigi Indonesia ini tidak dibuang begitu saja, tetapi justru
dicarikan jalan supaya bisa kerja sebagai dokter gigi.
Terus dibuat peraturan, mereka boleh ujian tanpa mengikuti kuliah.
Teman saya yang lulusan Jerman, Belgia, Belanda, dan pernah belajar di
Zwitserland jadi salah satu pengujinya.
Dia bilang, kebanyakan sekali lulus. Dan mereka juga pinter, lihati
temannya dokter gigi asal Indonesia lulusan Belanda, yang sedang kerja,
terus pelajari teknik terbaru.
Kalau dari teknik di Indonesia, bisa langsung kerja di Belanda. Tegantung
kecakapannya dalam praktek. Ada juga beberapa kuliah dulu di Delft, harus
masih ikuti pelajaran 2 tahun terakhir di Delft dan ujian.
Istri saya, kerja dulu jadi analist. Setelah beberapa tahun, Direkturnya
tawari kuliah lagi di Delft, harus selesai dalam 2 tahun. Dibayar penuh,
tidak usah masuk kerja, tetapi begitu lulus, tidak boleh minta kenaikan
gaji. Kalau naik jabatan, baru ada kenaikan gaji. Setelah dua tahun, lulus,
kerja balik di Institut Geologi Leiden. Kemudian Institut Geologi Leiden
dan utrecht fusie, jadi lab. besar.
Kepala lab Leiden jadi kepala Lab. fusi, dan istri saya diangkat jadi wakil
kepala lab. Rupanya direktur Geologi Leiden,
sudah menyiapkan orang2nya kalau terjadi fusi. Belakangan jadi kepala lab,
tetapi kalau di Belanda tidak aotomatisch. Banyak calon2nya.

  • ... 'Karma, I Nengah [PT. Altus Logistic Service Indonesia]' ineng...@chevron.com [GELORA45]
    • ... kh djie dji...@gmail.com [GELORA45]
      • ... b...@yahoo.com [GELORA45]
        • ... nesa...@yahoo.com [GELORA45]