Sepakat dengan Pak Awang, siapa bilang gempa kecil ngga bisa mentriger ?
"Evidence" (bukan prove/bukti) yang ada saat inipun hanyalah hubungan
temporal-relational bukan bukti relasi kausal ! Pak awang
menyebutkannya dalam 4 point dibawah. Ini mirip hubungan antara bulan
dengan gempa, yang selama ini hanya diketahui temporal relationnya.
Asal jangan sampai nanti menyalahkan bulan looh ya :)
Dalam kasus hukum setahuku kalau masih ada dispute maka teori tidak
dipakai dalam memutuskan kasus hukum.
Jadi teori hubungan gempa-MV ini  menurutku akan batal demi hukum ...
buat geoscienteis ya tentusaja masih bisa dijadikan objek penelitian,
kan ?

Kunci untuk membuka tabir misteri ya tentusaja "realtime measurement"
data, yang akuisisi datanya dilakukan pada saat drilling dilakukan.
Banyak sekali chart-chart yang dibuat selama drilling. Tentusaja data
inilah yang akan membuka pintu tabir ini. Do we have that ? I believe
we do somewhere ?
- Drilling sequence, atau drilling activities selalu dicatat dari
jam-ke-jam, bahkan setiap langkah harus ada note atau catatan (sesuai
yang ada dalam chart IADC)
- Interpretasi kejadian misal "partial loss, total loss" yang dilansir
oleh Pak Awang ini mestinya tercatat dalam salah satu chart yang ada.
Kenapa saya sebut interpretasi, karena datanya hanya menunjukkan
mengecilnya jumlah lumpur total. Bisa saja lumpurnya tumpah, misalnya,
dan ini bisa dicross chek dng kesaksian Mud Engineer.
- Tentusaja "partial loss dan total loss, kalau ada" yang "bersamaan"
dengan gempa juga semestinya akan gugur dalam kasus hukum (dengan
pertimbangan diatas tadi yaitu "unknow causal relation").

Dengan demikian sependek pengetahuan saya, maka kajian kausal dengan
"tersangka-nya" proses pengeboran yang tepat adalah dilakukan oleh
Drilling Engineer bukan geoscientist !

:( "Pakdhe, ya pantes aja kalau geologistnya berseteru !"
:D "Thole, geoscientist itu bukan engineer !"
:( "Lah Pakdhe kok insinyur ?"
:D "Hust !!"

RDP

http://tempe.wordpress.com/