> mana nama negara orang juga diganti-ganti.
> France...jadi Perancis darimana lagi ?

loh..bahasa tuh di mana mana berkembang dan dilokalkan.
sejak kapan Indonesia jadi Indonesien (bhs Jerman) ?
sejak kapan Singapura jadi Singapore ?
sejak kapan Nihon jadi Japan ?
sejak kapan USA jadi etats unis (bhs perancis) ??

kurang kerjaan ??
hmm...normal lagi...
cuma di Indonesia memang terlalu norak sih.
maksudnya baik, tapi seperti biasa salah kaprah.

juga tentang pemakaian bahasa Indonesia di bidang ilmiah.
Saya sangat menyayangkan sekali bahwa literatur ilmiah
dalam bahasa Indonesia sangat sedikit sekali.
dan terjemahan juga sedikit dan kadang kadang bingung bacanya.
sebab terjemahannya kurang sreg.
bisa dibayangkan tidak, kalau sampai sekarang, literatur ilmiah
harus dalam bahasa latin semua, seperti abad pertengahan ??
Saya rasa kemajuan teknologi di dunia barat tidak akan semaju
sekarang ini.
Bisa dibayangkan juga tidak, bila kita dengan sengaja tidak mau
mengembangkan bahasa kita ?
Mungkin jadinya seperti bahasa Latin, yang dulu dipakai di seluruh Eropa,
dan sekarang menjadi bahasa mati.

salam Reformasi (juga dari asing, syalam dan Reformation)
he.he..

Johnson Chandra

Kirim email ke