[teknologia] Re: Spam di telpon.. how to handle it.

2006-11-07 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Tempat kerja saya lagi bermasalah, akhir2 ini (dari bulan puasa) ada
  orang yang suka telpon ke nomor free-dial dan dia ngomong aneh2.. Dari
  mulai ngomong asal, jorok, sampe bilang dari teroris dan ngancam mau
  nge-bomb segala. Ngeselin banget.. Kita jadi gak tau mana telpon dari
  customer, mana yang dari orang gila itu. Kira-kira ada gak solusi
  untuk ngatasin nya ? Yang udah kita coba:
 memang nggak bisa di trace asal teleponnya ya pak? kayak di pelem-pelem?
 rgds,

Kalo udah bisa ya gak nanya pak.. kayak di pelem-pelem juga.. =))
Tadi baru dikasih tau, di Pondok Indah ini telkom udah pasang kawat
FO, dan konon FO emang gak bisa keluar CID nya... bener gitu ya ?
gimana cara agar bisa ?

regards,

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Spam di telpon.. how to handle it.

2006-11-06 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Hallo,

Tempat kerja saya lagi bermasalah, akhir2 ini (dari bulan puasa) ada
orang yang suka telpon ke nomor free-dial dan dia ngomong aneh2.. Dari
mulai ngomong asal, jorok, sampe bilang dari teroris dan ngancam mau
nge-bomb segala. Ngeselin banget.. Kita jadi gak tau mana telpon dari
customer, mana yang dari orang gila itu. Kira-kira ada gak solusi
untuk ngatasin nya ? Yang udah kita coba:
1. Minta vendor PABX buat bikinin caller ID. Tapi kata orang PABX nya,
gak bisa dipakai, karena pake nomor hunting. Solusi kalau mau
huntingnya dimatiin. Ini gak mungkin, karena kalo 1 nomor kepake, ya
telpon gak bisa masuk lagi, padahal customer gak tau akan telpon kapan
aja.
2. Minta ke telkom, apakah bisa dibuat 3 nomor telpon yang sama ke
tempat kita. Ini menurut saya rada aneh.. apa memang bisa begitu ?
Telkom gitu loh..

Dari rekan-rekan ada yang bisa bantu, ngatasin spam lewat telpon ?
kasian banget orang customer care jadi gak nyaman gini,.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Debian (Re: Jerman bisa, kita kapan?)

2006-11-02 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Ya itu penyakitnya walau kenyataannya tetep aja support dari vendor besar
 tersebut tak diperoleh.  Cuma paling ndak bikin si boss tenang, dan bisa
 tidur soalnya kalau ada apa-apa ada kambing hitam

 IMW

Kalo di jakarta, perusahaan besar yang megang vendor besar juga agak
sulit ngasih support linux. Saya pernah kontak salah satu perusahaan
yang terkenal megang Novell, dan waktu saya tanya SuSE di support gak
? gak bisa jawab.. waaah.. back to square 1.. :))

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Migrasi Linux desktop, masih menjual ? Re: [teknologia] Re: Bisnis Linux. Re: [teknologia] Re: Debian

2006-11-02 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Yang dilakukan SUSE misalnya memanfaatkan database sentral untuk mendata
 semua hardware yang dimiliki (memanfaatkan LDAP dsb).  Sehingga ketika harus
 menginstal tiap PC mereka sudah tahu bagiaman mengatasinya.
--- snip ---

 SUSE memanfaatkan model boot via CDROM yg dikustomisasi, terus koneksi utk
 hanya untuk melakukan update.  Saran saya baca deh whitepapernya SUSE ketika
 handel salah satu persh asuransi (ndak tahu apa masih tersedia di situsnya
 SUSE). Oh ya PC-nya juga tak seragam.
  IMW

Pak.. dari tadi SUSE-SUSE mulu... jualan SUSE ya... xixixixixi.. Tapi
sayang, yang bisa gitu cuma SUSE jerman doang.. coba SUSE ada juga
disini.. dan di'jual' servicenya..

Tapi.. apa bener 'Migrasi Linux' masih tetap menjual ? Di kantor saya,
3 tahun yang lalu udah di coba.. It worked.. tap.. secara SDM nya
kurang kuat, stategi implementasi kurang pas (disadari setelah beberap
bulan jalan) dan OpenOffice belum canggih2 amat.. akhirnya 1 tahun
lebih pindah lagi ke M$, beli license .. gak masalah.. sing penting
user senang.. :D Tapi server teuteup dipaksa pake linux.


-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Microsoft backs Novell Linux..

2006-11-02 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Ngemeng-ngemen soal suse (tapi gak bikin suseh lah..), ada link menarik.
http://www.boston.com/business/technology/articles/2006/11/02/microsoft_novell_may_partner_on_linux/
http://www.microsoft.com/presspass/press/2006/nov06/11-02MSNovellPR.mspx

Dari novell sendiri udah kasih tulisan.
http://www.novell.com/linux/microsoft/faq.html -- ada tulisan M$ gak
jualan Linux.. Padahal kepikir akan keluar distro baru MSLinux..
http://www.novell.com/linux/microsoft/openletter.html

Harusnya.. akan banyak perubahan positif untuk Linux, seperti
interoperability openoffice dan ms-office, ato ms-exchange di port ke
suse.. seru tuh.. :)

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Bisnis Linux. Re: [teknologia] Re: Debian (Re: Jerman bisa, kita kapan?)

2006-11-01 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  bbrp kalangan menduga, kurang suksesnya 'propaganda' migrasi
  ke linux disebabkan karena penegakan HAKI yang hangat-hangat
  tahi ayam, pilih kasih, dan sengaja dimanfaatkan oleh oknum
  dst..dst.. sebenarnya (menurut saya) kurang sukses ya karena
  memang: pertama, tidak/belum ada pusat layanan migrasi yang
  dedicated, kedua karena tidak ada support (kalau pemain sedikit
  rata-rata orang enggan migrasi dan milih tetap ke yang sudah
  mapan seperti sekarang).
 Soal biaya support memang agak heran :-) ada badan pemerintah rela beli
 lisensi hingga 1 M utk 100 komputer padahal relatif tanpa support (dg asumsi
 pengguna di badan tersebut bisa mensupport sendiri), sedangkan ndak rela
 keluar 500 juta utk layanan support tapi pakai Linux.

Bisnis linux di Indonesia kurang berhasil, mungkin karena yang
menjalankan rata-rata orang teknis yang gak terlalu paham masalah
bisnis (management, marketing, etc). Kalau diminta bikin aplikasi SCM,
CRM, etc pake SAP, Oracle, di atas linux ato embeded system, pasti
bisa. Tapi disuruh bikin strategi jualan, ya mbuh.. :) Belum lagi
masalah komitmen, perusahaannya bisa ada dalam 1-2 tahun kedepan gak ?
Boro-boro ngasih support, bisa nafas 2-3 bulan aja udah sukur.. :D
Mungkin kolaborasi dengan rekan2 dari bidang studi management
pemasaran, dan lain-lain, untuk dapat membuat suatu model bisnis Linux
yang jalan di Indonesia.
Indonesia uangnya banyak.. Jangan takut duitnya abis.. kalo kita
pinter 'tipu-tipu' dikit, jalan deh usahanya.. asal legal aja.. :-)
*yang gak legal aja sukses.. jual DVD bajakan*.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Bisnis Linux. Re: [teknologia] Re: Debian (Re: Jerman bisa, kita kapan?)

2006-11-01 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Bisnis linux di Indonesia kurang berhasil, mungkin karena yang
  menjalankan rata-rata orang teknis yang gak terlalu paham masalah
  bisnis (management, marketing, etc). Kalau diminta bikin aplikasi SCM,
  CRM, etc pake SAP, Oracle, di atas linux ato embeded system, pasti
  bisa. Tapi disuruh bikin strategi jualan, ya mbuh.. :) Belum lagi

 Bikin strategi bisa, mengeksekusinya yang 'mbuh' :-)

SALAH !! eksekusi adalah bagian dari rencana kita (si strategi itu).
Jadi, emang gak bisa bikin strategi .. :)

  masalah komitmen, perusahaannya bisa ada dalam 1-2 tahun kedepan gak ?
  Boro-boro ngasih support, bisa nafas 2-3 bulan aja udah sukur.. :D
  Mungkin kolaborasi dengan rekan2 dari bidang studi management
  pemasaran, dan lain-lain, untuk dapat membuat suatu model bisnis Linux
  yang jalan di Indonesia.
  Indonesia uangnya banyak.. Jangan takut duitnya abis.. kalo kita
  pinter 'tipu-tipu' dikit, jalan deh usahanya.. asal legal aja.. :-)
  *yang gak legal aja sukses.. jual DVD bajakan*.

 Sayangnya kolaborasi ndak ada di mata pelajaran atau kurikulum kuliah.
 Jadi inget, waktu ada tugas kelompok, yang kerja cuma 1-2 orang dari 5
 orang per kelompok. Dari sekolah sampai kuliah sama. Mungkin ini yang
 berentet ke pekerjaan.

katanya opensource didasari semangat gotong-royong / kolaborasi.. kok
dijadiin alasan.. :D
Mungkin masalahnya cuma 1.. gak mau ajak orang yang ngerti bisnis..
dikira bikin program sama dengan bikin usaha.. harus banyak belajar
dari Pak Edi yang sukses bikin bisnin RBE (roti bakar edi) kali.. :D

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Content Lokal jalan di tempat?

2006-08-03 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 entar di indonesia bakalan bisa juga koq , di sini sudah mulai
 on-demand channel jadi bisa 24 hours nonton semau kita tanpa didikte
 station tv, misalnya bisa nonton discovery channel  dan health channel
 24 hours (and not the other lousy channels).

Bener kata Pak Made, mending nonton via DVD.
1. Bisa diulang2..
2. Bisa ngajarin anak bahasa inggris.. karena ada text..
3. Bisa milih film mana aja yang bagus.
4. Murah, infrastruktur udah ada (dvd player gak sampe 400rb).

Dan akhirnya, kalo pake DVD bisa di set kapan aja mereka nonton TV,
kapan mereka belajar, kapan mereka bergaul. eh, ini kalo ngomongin
kepentingan anak saya.. :-D

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: heat wave Re: Membuat Produk

2006-07-28 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 btw, kemaren lihat ada alat untuk mendinginkan interior mobil waktu
 panas terkena terik matahari. konsepnya sih simple, jadi ada semacam
 kipas angin kecil yang dipasang di jendela mobil, sumber energinya
 berasal dari mini solar cell. :)

Dulu.. setahu saya udah banyak yang beredar di Pasar Senen model gini,
cuma gak effektif.. mungkin sedotan kipasnya gak cukup kuat buat
ngeluarin udara panas dalam mobil, belum lagi resiko mendadak ujan,
atau dicungkil maling.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: heat wave Re: Membuat Produk

2006-07-28 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Sebenernya di Indo juga ada standarisasi, cuman tahu sendiri  kan
  semua ngga di penuhi, kalau instalatir aja disini harus sertifikassi, kalau
 di indo make sertifikasi ntar bisa ngga low cost tuch kalau masang
 instalkasi listrik, yaa akhirnya karen market maunya yang murah akhirnya
 standarisasi terpaksa di abaikan.
   Adjie

Kalo dari sisi sipil, memang ada standarisasi, tapi lebih ke struktur
bangunan.. untuk design interior, memang ada juga, tapi setahu saya
gak belibet kayak di sono.. Low cost.. itu masalah.. di jerman bisa
diterapkan standarisasi yang aneh2.. ya mereka bikin barang sendiri..
Jadi dari sisi bisnis, sama2 diuntungkan.. produsen untung, pemerintah
untung, konsumen apalagi.. Disini korek api aja import dari india, eh,
china... Standartnya ngacu ke negara lain.. akhirnya gak dijalani
karena gak sesuai kebutuhan kita..

demikian,
-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: heat wave Re: Membuat Produk

2006-07-27 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Well aku kepanasan los,  sekarang udah 40 derajat and dry ngga ada angin,
 mau beli kipas angin udah habis semua, beli AC juga begitu make indent
 segala padahal panas ngga make indent. Jadi kalau malem tidur semua jendela
 di Buka,  dan kalau sore gini di taman udah pada berbiki ria deh... bahkan
 udah banyak yang mulai berendam di air mancur. yang lucu nya lagi Perancis
 import listrik karena kebutuhan listrik melonjak padahal biasanya import
 listrik karena punya beberapa reaktor nuklir, tapi heat wave tahun ini di
 ramalkan bakal spt tahun 2003,  semoga aja ngga lebih parah deh.


 Sistem isolasi rumah di Prancis dan USA tidak sebagus di Jerman :-), makanya
 kalau suhu di luar udah panas di dalam rumah kalau ndak pakai AC terasa
 sekali.

 Di sini juga mencapai 40 derajat, tapi di kamar tidur saya, semilir-semili
 sejuk saja, tanpa AC

Bagusan sistem isolasi ala tj priok pak.. isolasi intern alias di
badan sendiri.. kuli2 priok, mau panas kayak apa juga cuek aja
ngangkut barang.. di jerman ama US mana bisa.. :-D

sorry OOT.. can't help it :-)

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Homeschooling - Re: [teknologia] Re: [OOT Teknologi] juara olympiade Standar pendidikan Indonesia

2006-07-25 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 di europe , walaupun anak datang ke sekolah  di sini di buat sangat
 menyenangkan, anak tidak di bebani oleh PR, di Indo anak masih TK A sudah di
 kasih PR, menulis dan menggambar, pendapat saya pribadi, sekolah buat anak
 harus membuat dia nyaman dan menyenangkan, jadi lebih mudah menangkap ilmu
 pengetahuan.

Saya setuju.. tapi di private school (gak pernah kesana sih) rata2
mereka sekolah dari pagi sampai petang (jam 2-3 sore), dan selama itu
kegiatannya pun banyak.. Untuk masalah PR, saya rasa udah jamak..
kalau gak ada PR, pada main mulu.. Tapi saya setuju kalau sekolah
dibuat nyaman dan menyenangkan agar lebih gampang nyerap ilmu.. Tapi
homeschooling ? sebagai tambahan ok.. untuk selamanya harus dicek
lagi..

 Ngga usah takut, urusan sekolah kan bukan urusan pemerintah, lha wong
 nyatanya sekolah atau pendidikan buat pemerintah just business as ussual
 koq.

Sembarangan lo jie.. :D Siapa yang nanggung kalo udah buang waktu 6
thn di homeschooling tapi gak bisa masuk SMP negeri ? mau nerusin
sampe homekuliahing ? :D

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Homeschooling - Re: [teknologia] Re: [OOT Teknologi] juara olympiade Standar pendidikan Indonesia

2006-07-25 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Makanya seperti Mas Harry bilang, ajak tetangga, dengan demikian anak2 akan
 berinteraksi lebih dengan para tetangga, kalo perlu gurunya jangan cuma satu
 orang, tapi misalnya untuk hal-hal tertentu gurunya berbeda, tempat
 belajarnya juga berpindah-pindah ke rumah tetangga, sehingga anak2 tetap
 bisa belajar bersosialisasi dan mengenal orang lain meskipun ikut
 homeschooling

Kita seperti ngasih dunia 'ideal' ke mereka, bahwa orang2 yang
disekitar mereka baik-baik, tidak ada yang nakal, ada yang nakal tapi
kita kenal sama ortunya jadi anaknya pasti bisa kita pegang.. dsb..
Eh, waktu kita ajak ke Blok M, anak STM dan SMA negeri lagi perang..
apa gak pada panik mereka ? :-)

 Ya anak2 memang harus belajar menghadapi dunia nyata yg tidak se-ideal di
 rumah, tapi apakah mereka sudah cukup punya modal untuk melakukan hal itu?
 saya perpendapat homeschooling merupakan salah satu cara efektif untuk
 mendidik dengan meminimalisir pengaruh buruk dunia luar.

Saya rasa itu udah tugas orang tua untuk ngasih modal yang cukup..
Hey, we survive.. ;-)
Saya tetap lihat homeschooling masih sebagai tambahan ilmu, model less
gitu lah, ketimbang pengganti sarana pendidikan formal, kecuali anak
saya artis yang gak bakal punya waktu untuk sekolah, atau memang tidak
memungkinkan (sakit, alasan lain) untuk pergi ke sekolah biasa.

regards,

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Homeschooling - Re: [teknologia] Re: [OOT Teknologi] juara olympiade Standar pendidikan Indonesia

2006-07-24 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 triknya dengan silaturahmi :) ajak tetangga, maka biaya menjadi ringan. per 
 anak cuma perlu bayar 150-ribu/bulan, bersih, tidak ada sumbangan gedung, 
 uang seragam, uang ini, uang itu, dst.

 ternyata ini juga jadi membantu guru - gaji mereka Rp 400.000 di TK (lha 
 padahal saya bayar ke sekolah jauh lebih mahal daripada itu), dengan saya 
 mereka bisa dapat sampai 1 juta lebih.

 rencananya mulai 1 agustus ini. mudah2an semuanya berjalan lancar, maka saya 
 akan lanjutkan dengan homeschooling SD.

 note: homeschooling kini sudah diakui oleh diknas, sehingga murid2nya tetap 
 akan bisa mendapat ijazah formal. informasi lebih detail :

Bagaimana interaksi sosial si anak dengan homeschooling ? Anak saya
baru masuk SD, dan 2 tahun di TK, saya lihat dia di sekolah bisa lebih
banyak interaksi dengan orang2.. Saya berpikir, homeschooling malah
buat anak over protected, bukannya di dunia luar dia bakal nemu orang2
yang jahat, brengsek, dan dia harus ngerti gimana naklukin mereka ?
Saya sekarang juga lagi cari2 tulisan mengenai homeschooling..

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: groups.or.id - bw int'l

2006-07-12 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 ups salah, mestinya 5K pelanggan. so far so good bin enteng.
 ada yang berminat kasih load lebih besar lagi? :-))
 hi..hi.. j/k
 
 
 
 Perlu memindahkan id-gmail dari googlegroups? =))
 meskipun traffic-nya sudah mulai menurun sejak mencatat 30 ribu email 
 sebulan.
 
 
 
 Gak usah dipindahkan,
 bikin saja kembarannya.

Kalo ada milis id-gmail, sama aja bo'ong dong.. usernya 98% pake
gmail.. (jangan tanya dapet 98 darimana).. :-)

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: melek internet shopping

2006-07-06 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Lho, CC / pemesanan dari Indonesia sekarang sudah tidak di blacklist lagi ya ?

 Karena Amazon.com mem blacklist Indonesia, jadinya saya selalu memesan ke 
 Amazon.co.uk


Pernah lihat, kalau cendrawasih.com menyediakan fasilitas nitip beli
lewat mereka dengan fee tertentu. Mau ke amazon.com, ebay.com atau
tempat2 yang biasanya Indonesia di blacklist, mereka sanggup.

regards,

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: made in japan's search engine

2006-06-14 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  
  http://mdn.mainichi-msn.co.jp/national/news/20060614p2a00m0na008000c.html
 
  KAlo gak salah hitachi kuat di storagenya, dengan menyediakan hw yang
  sampai bertera2, fujitsu dengan aplikasinya , dan nippon dengan
  jaringannya (benar tidak ) dan tentunya jepang dengan bandwitnya yg
  ber gbps
 
  Kalo jepang jadi masuk dan bisa meberikan hasil search yang lebih
  bagus dari google, kenapa tidak beralih ke sana?
 

 Tentu menghasilkan search yang bagus _bagi jepang_.
 Mustinya indonesia bisa juga membuat search engine yang bagus bagi
 indonesia sendiri.

Betul.. walau nanti di cap nasionalis, seperti buat keyboard khusus
bahasa Indonesia.. :-)
BTW, groups.or.id pun bertujuan seperti itu, sayang gak didukung.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Apakah menjadi Analis Sistem HARUS jadi programmer dulu?

2006-06-08 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  kenapa sih kok sepertinya nggak mau pandai mrogram?
  kalo jago coding juga bukankah jadi nilai tambah?
 

 bukannya nggak mau pandai mrogram
 saya sekarang masih dalam tahap belajar koding juga
 yang saya tanyakan, apakah di dunia kerja nanti perlu jadi sekelas top
 coder baru bisa jadi analis?

Mau kerja dimana ? google ? Yahoo ? PWC ? Bisa jadi mereka butuhin
anda sekelas top coder, bahkan lebih.. dan itu hanya untuk junior
progammer disana. Kalo kerja bareng temen bikin startup ato kerja di
perusahaan kecil - menengah, mungkin gak harus segitu.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: layout keyboard, bahasa indonesia bagaimana ?

2006-05-26 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Software untuk ngetik 10 jari sambil merem kan ada. Free dan ada yang
 berbayar.

Gak apa, saya juga udah biasa ngetik menggunakan 11, eh, 10 jari tutup
mata (gak jamin sama hasil.. hehehe). Tapi pertanyaan saya, apakah gak
ada penelitian kalau ngetik untuk bahasa indonesia yang baik pake
keyboard yang anu loh, karena jari yang lebih kepake di tangan kiri
itu jari manis, telunjuk dan jempol untuk spasi, dan lain-lain. Jadi
keyboard anu lebih memeratakan penggunaan jari blah.. blah.. blah..
sesuai dengan psykologi, anatomi jari juga astronomi dan zodiak
pengguna.. Misalnya gitu. Ada kah ?

Ma'af kalo sekiranya OOT.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: layout keyboard, bahasa indonesia bagaimana ?

2006-05-26 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Mungkin kalau ide keyboard indonesia bener-benar dibuat, perlu waktu yang
 cukup lama untuk bisa memasuki pasar.
 
  Selain biaya riset yang besar yang mengakibatkan harga jual yang mahal,
 juga akan membuat banyak buku-buku pelajaran mengetik yang harus
 disesuaikan.
 
  Tapi tetep saja ini ide yang bagus. Ada yang mau coba melakukan
 penelitian?


 Berhubungan dengan pertanyaan di atas, memang dulu DVORAK penelitiannya
 gimana?

Kalau cara mendetail saya gak tau.. tapi seru juga mereka udah kepikir
kalau qwerty bisa menimbulkan penyakit (yang sama microsoft akhirnya
dibuat natural keyboard.. eh, ada hubungannya gak ? :D) dan bisa lebih
cepat karena dvorak lebih spesifik untuk orang amerika. (american
simplified keyboard). Makanya saya penasaran, gak ada yang mikir buat
bikin indonesian simplified keyboard ? :-)

http://en.wikipedia.org/wiki/Dvorak_Simplified_Keyboard

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: layout keyboard, bahasa indonesia bagaimana ?

2006-05-26 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Assalamu 'alaikum wr.wb.

Walaikum salam.

 Maaf mas, kalau boleh saya bicara, nasionalisme itu bukan diukur dari
 kita pakai barang bikinan sendiri atau tidak.

Mas Affan, menurut saya salah satu wujud nasionalisme adalah
menggunakan barang bikinan sendiri.

 Menurut saya, nasionalisme itu sebaiknya diukur dari kepedulian kita
 atas permasalahan yang dialami oleh sesama teman kita orang Indonesia
 dan bagaimana kalau kita bisa selesaikan masalah mereka. Kalau perlu
 diextend sampai bukan hanya kita bisa masalah orang Indonesia aja yang
 bisa selesai, tapi orang luar Indonesia, bahkan seluruh dunia pun bisa
 selesai masalahnya.

Kenapa harus berpikir seluru dunia pun selesai masalahnya ? Mungkin
rada melenceng, tapi baru akhir2 ini aja soccer baru ngetop di amrik,
sebelumnya lebih populer american football, basket, baseball. Bahkan
nascar punya lebih punya penggermar fanatik dibanding F1, CMIIW. Apa
dia mikir buat seluruh dunia ?

 Kalau saya lihat, bagusnya kita lihat sendiri masalah orang Indonesia
 itu apa sih ? Nah lalu baru kita usahakan bagaimana pemecahan
 masalahnya. Kalau kita mikirnya cuma bikin barang yang 'pokoknya
 bikinan Indonesia', jadinya kayak kampanye ACI (Aku Cinta Indonesia)
 yang gak ada bekasnya sekarang, karena orang sekarang pake paradigma
 SPMM (Sing Penting Mlaku lan Murah, yang penting barangnya jalan dan
 harganya murah).

Gak juga, bukan masalah ACI. Kenapa india sampai sekarang bikin bajaj
? di dunia manapun saya rasa gak ada lagi bajaj.. disana ada, malah
mau bikin pabrik di indonesia... Tujuan akhir tetap Sing Penting
Murah, gimana murah kalau royalti harus bayar, teknologi harus import.
Mas tau kan buat korek kuping kita beli dari china, karena di cina
lebih murah dibanding bikin. Apa jadinya kita beli terus gak pernah
bikin ?

 Dan saya kok nggak melihat masalah keyboard itu masalah yang esensial
 di Indonesia.

Heheh.. keyboard memang gak essensial, mungkin karena kita juga
berpikir dan berpikir dan terus berpikir, tapi yaa.. mikir aja.. :-)
*sama ama omong doang*. Keyboard masalah sederhana kok, tapi untuk
bikin qwerty pun juga ada alasan, demikian juga dvorak. Mungkin kalau
ada mahasiswa S2 / S3 yang kerja sama lintas disiplin ilmu buat mikir
bagaimana keyboard yang paling cocok buat orang indonesia, itu bisa
jadi thesis yang menarik. Dan kalaupun akhirnya dia gak bisa jual ke
pasaran, saya rasa orang itu tetap harus diacungin jempol, karena dia
berpikir 'beda' gak cuma ngikut sesuatu yang 'canggih' tapi bukan
milik sendiri.

 Maaf kalau tulisan saya agak gimana gitu.

ma'af kalo OOT nya jadi nambah jauh.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] layout keyboard, bahasa indonesia bagaimana ?

2006-05-22 Terurut Topik Arie Reynaldi Z


Saya baca2 di yahoo, ada yang menanyakan kenapa tetep mempertahankan
pemakaian keyboard qwerty, padahal banyak bikin penyakit, lebih
lambat, dan dulu dibuat karena menghindari macet di tuts2 keyboard.
Ada layout dvorak yang konon bisa 20% lebih cepat pengetikan. Dvorak
ini dioptimalisasi untuk penggunaan orang amerika (bahasa inggris).
Untuk bahasa indonesia, pernah ada gak yang berpikir buat bikin layout
baru ? Harusnya layout kita berbeda dengan dvorak, qwerty atau layout2
yang lain karena kalimat, vocal, dan lain2nya juga berbeda kan ? agar
kita dapat lebih nyaman dan lebih cepat dalam mengetik.

regads,

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id
X-Google-Language: INDONESIAN,ASCII-7-bit
Received: by 10.54.68.11 with SMTP id q11mr188806wra;
   Mon, 22 May 2006 02:48:26 -0700 (PDT)
Return-Path: [EMAIL PROTECTED]
Received: from wx-out-0102.google.com (wx-out-0102.google.com [66.249.82.200])
   by mx.googlegroups.com with ESMTP id v23si921351cwb.2006.05.22.02.48.25;
   Mon, 22 May 2006 02:48:26 -0700 (PDT)
Received-SPF: pass (googlegroups.com: domain of [EMAIL PROTECTED] designates 
66.249.82.200 as permitted sender)
DomainKey-Status: good (test mode)
Received: by wx-out-0102.google.com with SMTP id h29so563623wxd
   for teknologia@googlegroups.com; Mon, 22 May 2006 02:48:25 -0700 (PDT)
DomainKey-Signature: a=rsa-sha1; q=dns; c=nofws;
   s¾ta; d=gmail.com;
   
h=received:message-id:date:from:to:subject:mime-version:content-type:content-transfer-encoding:content-disposition;
   
b=pBQXi7QlD4uv3v3V8tA4MvTxmwMoHOMVwzFuXbPrIuLedHDDX2M2FH4iJipwpIKUHLzAFue+gpcvsq6aPAKkmEU34L93t6lIRVJ4wbPjiaphZobBgqZh0kxF+VpvlbMFrAJl1D8vZ9t5exHNAZl530mp6DOByUHrNhbu3cnClEsReceived:
 by 10.70.48.3 with SMTP id v3mr4950531wxv;
   Mon, 22 May 2006 02:48:25 -0700 (PDT)
Received: by 10.70.63.9 with HTTP; Mon, 22 May 2006 02:48:25 -0700 (PDT)
Message-ID: [EMAIL PROTECTED]
Date: Mon, 22 May 2006 16:48:25 +0700
From: Arie Reynaldi Z [EMAIL PROTECTED]
To: teknologia@googlegroups.com
Subject: layout keyboard, bahasa indonesia bagaimana ?
Mime-Version: 1.0
Content-Type: text/plain
Content-Transfer-Encoding: quoted-printable

Saya baca2 di yahoo, ada yang menanyakan kenapa tetep mempertahankan
pemakaian keyboard qwerty, padahal banyak bikin penyakit, lebih
lambat, dan dulu dibuat karena menghindari macet di tuts2 keyboard.
Ada layout dvorak yang konon bisa 20% lebih cepat pengetikan. Dvorak
ini dioptimalisasi untuk penggunaan orang amerika (bahasa inggris).
Untuk bahasa indonesia, pernah ada gak yang berpikir buat bikin layout
baru ? Harusnya layout kita berbeda dengan dvorak, qwerty atau layout2
yang lain karena kalimat, vocal, dan lain2nya juga berbeda kan ? agar
kita dapat lebih nyaman dan lebih cepat dalam mengetik.

regads,

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Lagi, Kenapa Cina bisa hebat

2006-04-27 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 On 4/27/06, Ronsen [EMAIL PROTECTED] wrote:
 
  Fatih wrote:
   wah mau jawab pertanyaan ajie yg pertama kerepotan ntar kena semprit
   kartu kuning lagi ama wasit2 'anti top posting squad'.. :D (btw, ini
   masuk top posting gak sih..?)
 
  yup, anda sudah termasuk dalam tahap menjengkelkan.
 
  --
  Ronsen

Gosh !!.. saya lihat Fatih jauh lebih kooperatif dan banyak tulisannya
yang informatif ...mas Ronsen jarang muncul, tapi enteng banget bilang
'anda sudah termasuk tahap menjengkelkan', and yet Fatih udah 'permisi
mau top posting'. Apakah masalah top posting  di milis memang harus
diagungkan dan ngilangin esensi dari tulisan ? :-)

sorry kalo OOT banget.. :)
--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Lagi, Kenapa Cina bisa hebat

2006-04-27 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Ceritanya yang mengesankan saya antara lain adalah bagaimana mahasiswa Cina,
 sebagai syarat kelulusannya, harus kerja bakti di desa-desa selama setahun.

Dulu kalo gak salah di Indonesia ada istilah KKN (kuliah kerja nyata).
Mahasiswa disuruh ke desa2.. sama kayak abri masup desa. :D Tapi kalo
sekarang dijalanin.. pada protest lah.. belum lagi cafe, mall dan
tempat dugem lainnya yang bisa sepi karena kekurangan pengunjung yang
notabene mahasiswa semua.. :D

 Akibatnya, tentu saja wawasan mereka jadi tersebar sampai ke pelosok-pelosok
 Cina. Sehingga para petani pun punya wawasan yang luas, tidak cuma
 terkungkung di seputar desanya saja..

Setuju.

 Satu lagi, ternyata setiap paket tour ke Cina diwajibkan oleh pemerintah
 untuk ada kunjungan ke sentra industri mereka  :-)   ya, makin terkenal saja
 lah produk-produk made in China jadinya.

Wah.. kalo yang ini di Indonesia suruh jalan2 ke kudus tuh.. biar
lihat pabrik rokok..  Lucu ya.. kita jago dibuat rokok.. padahal rokok
itu racun.. jadi kita jago bikin racun.. :)

 Dan berbagai skim-skim lainnya yang tidak kalah kreatif-nya.


 Salam,

 Harry


--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Lagi, Kenapa Cina bisa hebat

2006-04-25 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 orang2 china dan india itu gak pulang ke negerinya abis sekolah d i
 as/eropa tapi bekerja di persh rd jadi ilmu dan ekonomi mereka
 terangkat terus, kalau orang indonesia biasanya pulang atau jadi dosen
 :))

Saya rada miris sama statement orang indonesia biasanya pulang ato jadi dosen
Apa hubungan antara orang yang ke luar negeri dan gak pulang2 malah
bikin perekonomian negara asal mereka jadi naik ? mereka kirim uang ?
kirim investasi ? atau buka pabrik di tempat asal ? kalo buka pabrik
bukannya pulang kampung juga ? Jadi, kamsud kapital flight itu apa
sebenarnya ? Gimana ngebangun bangsa ? *halah.. sok nasionalis..
wakakakak.. *

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: AW: [teknologia] Re: India's future AW: [teknologia] Re: Melobby Universitas China untuk membangun satelit kampus di UC-Berkely

2006-04-19 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Kalau kelompok dengan suara terbanyak bisa
  di pimpin oleh seseorang itu sih bukan
  demokrasi. Itu namanya munafik. Mau memerintah
  sebagai diktator tapi pakai topeng kehendak
  orang banyak.
 
  Ajaran-ajaran Suharto selalu bikin darah saya mendidih.
  Jarang deh ada orang yang lebih munafik dari Suharto.
 

 Saya sih kepinginnya diktator yang bikin rakyatnya sejahtera dunia akhirat,
 jadi nggak berisik, gak ada suara-suara nggak jelas kayak sekarang.


Untuk yang satu ini saya setubuh, eh, setuju... kita masih butuh
diktator biar gak gampang digunjang-ganjing, tapi diktator yang bisa
bikin rakyat sejahtera.. US by all means juga diktator.. tapi ke
negara lain..

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Demokrasi bukan (belum) untuk Indonesia Re: [teknologia] Re: AW: [teknologia] Re: India's future AW: [teknologia] Re: Melobby Universitas China untuk membangun satelit kampus di UC-Be

2006-04-18 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  1. otaknya keracunan timbal? Saya kalo ke Jakarta biz trip 1-2 minggu
  otak jadi ngantuk terus tapi begitu weekend ke Bali, semangat lagi. Yes
  I think it is about the air pollutant and oxygen.

 Ini rasanya menarik untuk dijadikan bahan riset. Saya sendiri
 penderita alergi debu, pengalaman kalau di Jakarta pagi selalu pilek
 berat, dulu waktu pindah awal-awal kuliah di Bandung hilang pileknya,
 kembali ke jakarta pilek lagi, waktu kuliah di jerman sembuh lagi,
 sekarang di jakarta... ya pilek lagi =)

Given.. banyak kendaraan, pabrik, dll.. naik sepeda.. biar sehat

  2. stress macet dimana mana?

 Saya sendiri mulai khawatir melihat rekan-rekan di Jakarta yang
 menganggap 'macet' sebagai satu kewajaran =(. Saya yang tidak pernah
 suka nyupir selalu mengeluh soal macet dan selalu ditanggapi ya,
 hidup di jakarta harus suka dengan macet, karena itu wajar. Duh,
 macet sih tidak pernah wajar... jadi kalau macet saja sudah dianggap
 wajar pantas saja kalau 'korupsi' pun jadi 'wajar' ... lah jadi bicara
 korupsi deh hehehe.

Mau lancar ? Naik sepeda.. sehat.. irit :-)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Demokrasi bukan (belum) untuk Indonesia Re: [teknologia] Re: AW: [teknologia] Re: India's future AW: [teknologia] Re: Melobby Universitas China untuk membangun satelit kampus di UC-Be

2006-04-18 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Mau lancar ? Naik sepeda.. sehat.. irit :-)

 Naik sepeda di belakangnya Metromini dan Bus Damri ?
 Memang baik untuk kesehatan paru-paru ;)
 Sekalian aja bawa tabung oksigen sendiri 

Lebih beresiko mana dengan yang ada di dalam metromini  dan bus damri
sendiri ? Pake masker bisa, pake penutup idung bisa, ngalah dengan
ngerem bentar biar mobilnya rada jauh bisa.. :) Daripada duduk,
pasive, pinggang pegel dan tetep menghirup CO. :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Demokrasi bukan (belum) untuk Indonesia Re: [teknologia] Re: AW: [teknologia] Re: India's future AW: [teknologia] Re: Melobby Universitas China untuk membangun satelit kampus di UC-Be

2006-04-17 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Saya berpendapat sebaliknya. Bagus telan pil pahit skrg, belajar dari skrg,
 buat sistem dari skrg.

  Kayak orang mau kawin, kalo nunggu siap/mapan, kapan mau kawinnya?

  Biar bersusah-susah aja bapaknya skrg, mudah-mudahan 20 tahun lagi, buat
 anak saya nanti, Indonesia udah lebih baik.

Masalahnya kamu kan sekarang gak di indonesia nda.. jadi yang nelan
pil pahit itu kita2.. kamu cuma nonton aja.. *halah.. :D*
sorry OOT.. :D

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Adsense Indonesia

2006-04-13 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Monopoli dicabut, investor asing masuk. Isunya jadi nasionalisme lagi.
 Pertanyaan berikutnya, ngapain ngasih ke perusahaan asing kalo telkom juga
 bisa?

 Supaya akses Internet jadi murah dan cepat ?

 *mimpi koneksi FO 100 mbit ke rumah*-- lagi ngelindur di jam kerja,
   bwahahaha

Kalo saya lihat, masalah monopoli disatu sisi ada baiknya.. kita jadi
bisa ngatur orang.. dan dimana2 semua korporat kalo bisa sih monopoli
(ato kartel.. hehehe).. hukum alam.. Sayang kita memang lemah dimana2,
begitu pagar dibuka.. ketauan kita gak ada tai2nya.. hehehe...

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Fedora Core 5 sudah di release

2006-03-23 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 http://www.redhat.com/archives/fedora-announce-list/2006-March/msg00027.html

 Sekarang Fedora sudah bisa melakukan banyak
 big kids stuff macam update mudah lewat yum,
 virtualisasi lewat Xen dan
 security enhanced Linux.

Mm.. apparmor dan xen udah default juga di Yast nya suse 10.0.
Kebetulan suse 10.0 yang cd version juga bisa di donlod di
http://suse.cbn.net.id :-)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Internal instant messanger..

2006-03-23 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Selama ini internal kantor pakai YM untuk berhubungan, cuma rada
  sering kecolongan sama anak2 yang seneng chatting dan di jam kerja.
  Kira2 ada gak solusi yang murah, bagus, instalasi gak ribet untuk
  internal instant messanging ? Internal karena gak perlu di akses dari
  luar, dan gak perlu akses keluar pers..  Apa IRC bisa jadi salah satu
  pilihan ? atau ada yang lain ? ada yang punya pengalaman sama ?
 

 coba google dengan keyword LANChat
 untuk IRC bisa saja..tinggal install servernya trus yg laen suruh konek
 kesitu
 tp ngapain juga dibatesin pak..kesian karyawannya masa harus ke warnet
 mending ditatar aja biar tau waktu

Iya, udah cek beberapa software. Sekarang mau coba windows
communicator (dari Kis softeware).
Iya, emang harus di tatar.. Jadi inget sama kata2 Kita bina dulu,
kalau gak bisa baru di binasakan... (orba style) :-)

regards,

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Internal instant messanger..

2006-03-22 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

All,

Selama ini internal kantor pakai YM untuk berhubungan, cuma rada
sering kecolongan sama anak2 yang seneng chatting dan di jam kerja.
Kira2 ada gak solusi yang murah, bagus, instalasi gak ribet untuk
internal instant messanging ? Internal karena gak perlu di akses dari
luar, dan gak perlu akses keluar pers..  Apa IRC bisa jadi salah satu
pilihan ? atau ada yang lain ? ada yang punya pengalaman sama ?

regards,

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Nanya Sourceforge Mirror

2006-03-20 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Iseng aja nanya,
 ada yang tahu bagaimana caranya suatu organisasi bisa jadi salah satu
 mirror dari Sourceforge.net ?


Waktu juga pernah nyari, kalo gak salah langsung kontak ke sf.net nya.

SOL.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Email panjang Kopdar, Seminar, apalah.. ala teknologia, mungkinkan ?

2006-03-15 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

All,

Selama ini banyak sekali omongan yang sangat berkelas di teknologia,
dari migrasi orang2 pinter ke SV sampe gimana gaya hidup ABG India...
Saya berpikir (maaf kalo masih pola pikir baheula) gimana kalau
diadain seminar (bukan.. bukan kopdar gaya milis sebelah :D) dimana
kita ajak pembicara2 yang sering ngobrol disini. Kalau memang perlu
bayaran, kenapa ngga'. Yaa.. kalo sampe bisa seperti MarkPlus, bagus
banget. Jadi komunitas IT gak cuma ngumpul jualan software, atau
jualan hardware, tapi juga ada jualan ilmu (macem2 lah) dan jual otak
(gule otak kalee.. :D)

Kepikiran gini, karena ada temen dari dept. marketing, dia kemarin
dateng ke MarkPlus seminar, kebetulan undangan gratis, tapi memang
tiap taun dia bayar sekian rupiah buat iuran tahunan. Dan seminar
kemarin pun exclusive, ilmu yang dikasih juga update dengan keadaan
sekarang.
Ada juga gathering untuk marketing-club (milisnya juga ada), disana
tiap ngumpul ada pembicara yang cukup bagus. Jadi selain kita
networking, tuker2an kartu nama, juga pulang dapat ilmu.

Mungkin gak di teknologia juga ada seperti ini ? Ngumpul2, khusus
untuk kalangan teknologies (bener gak nulisnya.. :D) selain tuker2
kartu nama (kali ada yang jodoh), networking, juga ada yang ngobrol
tentang berita teknologi update. Pulangnya kita nambah temen, kerjaan,
proyek (kalo jodoh), dan nambah ilmu yang gak cuma dari jargon
produsen, tapi juga dari sisi kita para teknologies..

regards,

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Email panjang Kopdar, Seminar, apalah.. ala teknologia, mungkinkan ?

2006-03-15 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 di surabaya aja! biar nggak semua hal berpusat di jakarta.


 On 16/03/06, Budi Rahardjo [EMAIL PROTECTED] wrote:
 
  Hayuk ... tapi tempatnya dimana?
  Di Singapura saja? ha ha ha
 
 

Yap.. masalah dengan tempat.. Nanti akan ada masalah dengan waktu dan
pembicara.. hihihi.. Gak apa.. lebih baik ide bergulir.. :-)
Mungkin yang punya perusahaan pada mau nyumbang tempat, dana, etc,
sekalian dikasih porsi untuk promosi, tapi untuk pembicara dari sisi
netral ato praktisi ? Tempat, saya milih jakarta.. yaa.. karena saya
di jakarta.. :D


--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: [OOT] akses internet murah

2006-02-28 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  duh dimarahin,
  Daerah rawamangun.jakarta timur

Kalo daerah Bintaro ada BIGnet (bukan ... bukan BIG yang itu :P ).
Layanan 250rb /bulan, pake anter juga, registrasi lupa.. mungkin
segitu juga harganya. Lumayan sih.. yaa. yang pake orang tua (bokap)
dan dia gak ada masalah.

Ma'af kalo gak ngebantu. :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup Grup Google 
teknologia grup.
 To post to this group, send email to teknologia@googlegroups.com
 Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke [EMAIL PROTECTED]
 Untuk pilihan lainnya, lihat grup ini pada 
http://groups.google.com/group/teknologia
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Sekolah ala ABG India--soal perjodohan

2006-02-22 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Kenapa begitu ? karena mereka mati matian menjaga agar anak anaknya
 tetap menjadi budaya tradisional dan tidak terjerumus /ikut ikutan
 budaya barat.

 Meskipun ada juga sich yang 'kepeleset'  dan terjerumus ikutin budaya
 barat , kalo istilah untuk orang2 ini  namanya  ABCD -- American
 Born Confused Desi , atau orang SOuth India (Desi) yang lahir di negara
 barat tapi kehilangan personal identitas .

 Carlos

Yang punya pemikiran seperti ini, dari golongan (kasta) apa ya ?
Apakah peng-kasta an masih terjadi di India ? Dan kalau masih, orang2
india yang jadi itu rata2 dari kasta mana ?

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup Grup Google 
teknologia grup.
 To post to this group, send email to teknologia@googlegroups.com
 Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke [EMAIL PROTECTED]
 Untuk pilihan lainnya, lihat grup ini pada 
http://groups.google.com/group/teknologia
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: Dinamika perkembangan software India

2006-02-17 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 hasilnya setelah 8 tahun:
 -Yang inovator   boleh dibilang sudah enak lah sehari-harinya, temen
 saya bunyak banget yang di model ini .

 - Yang Mr. komplainer , sampai sekarang masih tetap jadi mr. complainer
 ,stuck aja terus dipekerjaan lamanya .. he he ...

 sorry bukan nyindir lho tapi ini kenyataan.

Setuju !! Sayang kalau dilihat persentase nya banyakan yang komplain
daripada yang inovator.. anggaplah 68% (termasuk saya ! :D). Moga-moga
masih sering baca milis makin cepet hijrah dari tukang komplain jadi
tukang inovator.. :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

--~--~-~--~~~---~--~~
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup Grup Google 
teknologia grup.
 To post to this group, send email to teknologia@googlegroups.com
 Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke [EMAIL PROTECTED]
 Untuk pilihan lainnya, lihat grup ini pada 
http://groups.google.com/group/teknologia
-~--~~~~--~~--~--~---



[teknologia] Re: makanan indonesia Re: great article on speed reading

2006-02-06 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 kalo yang extremely hot dan makananya bisa dihabiskan , bakal di poto
 ama pelayanya dan dimasukan ke list hall of fame yg bakal di pajang
 di resto tsb.

 sebenarnya, panasnya dan pedasnya makanan padang itu **belum apa-apa**
 kalo dibanding thai food yang spice level-nya extremely hot   *dan*
 Hyderabadi guntur chicken (yg hanya dijual di India).

Katanya wasabi lebih pedas dari makanan2 asia yang lain ? Kalau
masalah pedas2an, makanan Manado lebih gila lagi deh.. Pernah makan
makanan menado.. pertama2 pedasnya gak kerasa, lama2.. gil..
kebakar mulut.. katanya emang gitu, pedasnya pelan2 tapi daleeem
banget..

 Arie: Wanna give a shot sometimes in the future ?? The Bill is on me
 :-)
Gue ? Ahh.. tetep makan sate di bukit tinggi atau kototuo gak ada yang
ngalahin deh.. sate lidah nyaa.. yo bana lamak da.. :)) :))

*iya.. milis teknologia.. cuma ditantang makanan.. OOT juga akhirnya :D*

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: rahasia sukses sebuah distro [was Re: [teknologia] Re: Iseng nanya distro linux

2006-01-30 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Tapi ... dari semua itu tetep aja paling enak ketupat padang dan
 martabak manis.
Ketupat padang, ditutup dengan lamang tapai... lalu santai nonton bola
makan kripik sanjai.. Gak heran pusat stroke nasional ada di
Bukittinggi.. heheheh..

Carlos.. kalo gue sempet ke SV.. gue bawain deh makanan2 kesukaan lu
itu.. asli dari proyek senen boss.. :-))

sorry.. gak tahan lihat tulisan ketupat padang.. :D

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Tentang kontroversi doktor TI pertama

2006-01-26 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Ya maka dari itu,
 kalo mau jadi doktor IT, mestinya sudah pernah merasakan (minimal
 ngelihat) gimana susahnya narik fiber di indonesia, nyambung fiber
 putus gara2 kebakar sampah kayu, gimana rasanya crimping kabel
 sendiri, dan bagaimana rasanya naik tower 60 meter (gw sih belum
 pernah, katanya sih ngeri).

Curhat ya pak.. :-))
Kalo di dunia bangunan, emang arsitek atau tukang insinyur harus tau
gimana kerjaan kuli, cuma tau bukan berarti harus ikut gali sumur kan
? :-D Kalo gitu, sapa yang ngitung, manage, ngutip, ngembat uang
proyek (eh, salah.. :D)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Pemerintah teken MoU dengan MS

2006-01-25 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Salahya orang sekolahan, kenapa belajarnya aplikasi itu, jadi di kantor
 pemerintahan pakainya juga itu
Ya mbok gak usah salah2an.. ntar ujung2nya siapa yang salah, ibu
mengandung atau ayah yang membuka sarung.. :-))

BTW, kok saya jarang (sangat jarang, hampir gak pernah dengar) OOS
digalakan di sektor pemerintahan ? Apa baru kominfo aja ?

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Pemerintah teken MoU dengan MS

2006-01-24 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Tapi kalo boleh milih sich, Guntur Chicken masih lebih yahud
 dibanding nasi padang , makannya aja diatas banana leaf gitu.
Banana leaf itu, daun pisang ? Wah, disini kalau nasi padang yang
dibawa pulang, dibungkus nya juga pakai daun pisang :-)) Packaging aja
yang kurang kali.


 Carlos
 *Gunthur ini nama desa di Hyderabad,India ..konon kabarnya 'seed'
 cabenya cuman tumbuh di desa itu saja.

Di daerah sumbar, ada ikan kecil yang *konon* cuma ada di danau
singkarak. Ikan itu rasanya khas, dan enak banget.. Hubungan dengan
'Gunthur'.. yaa.. jarang ada orang padang di US kali.. atau bawa
'Restorant Sederhana Bintaro' jualan di SV aja.. :D

sorry kalo very-very-OOT :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Orang penting dan open-source

2006-01-19 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 di LN. Jadinya saya memikirkan untuk jadi guru SMA saja setelah lulus
 kuliah nanti. Itu kalau bisa lulus dari ITB hidup-hidup.
 Hiks...hiks.
Duh.. bombastis amat.. emang ITB udah kayak ST*DN ?

 dan kawan-kawan lainnya. Ya tapi itu tadi, saya belum bisa ikutan Mas
 Ariya yang turut berkontribusi ngembagin KDE. Dan juga seperti Mas
 MDAMT.
Untuk kontribusi, bisa mulai dari yang sederhana, translation. Coba
cek http://id.gnome.org, atau ada tempat yang lain, saya kurang tau.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Keuntungan Outsourcing

2006-01-19 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Keuntungan terbesar buat persh yang memberi outsource: *fokus*
Yap.. Kalau fokus jalannya lebih 'kenceng'.

 Kalo inget kata2 fokus ini inget Harvard Business School Review :-)
 intinya kalo persh mau survive harus *fokus*  dan kalo mau fokus
 harus outsourcing.
 Carlos
 PS: di persh di AS: biasanya IT dan HRD yang mayoritas di outsourcing.

Mm.. lonceng kematian buat yang masih kerja dibidang IT / HRD dalam
suatu perusahaan ? BTW, gimana sih 'keamanan data' yang diberikan
outsoucing ?

Sekarang di tempat saya outsourcing hanya sebatas develop aplikasi aja.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Math Will Rock Your World

2006-01-17 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Bukan, bukan textbook kok. Buku matematik-populer. Cuma target segmen
 pembacanya belum dijelasin. Apakah untuk SMA, SMP, SD, atau kuliah?
 Yang jelas, filosofinya ingin mengajarkan bahwa Matematika tidak sama
 dengan Menghitung. Biar orang-orang yang salah kaprah dengan hal ini
 gak perlu bertambah lagi. Seperti yang terjadi pada gw ini.
 Hiks...hikshiks...

Dulu jama SD ada majalah 'kuncung' (ketauan deh gue angkatan berapa
:D). Tapi disana emang lebih banyak pelajaran itung2an aja. Sekarang
saya lihat udah mulai banyak majalah yang gak cuma itung2an, dan
diberikan untuk anak2 TK-SD. Semoga majalah2 seperti itu tambah banyak
dan gak cuma di level SD, tapi naik ke SMP - SMA.(gak tau bisa apa
ngga')... dan tambah murah. :D biar anak2 kita gak terjebak di
matematika = membingungkan..

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: OOT: MacOSX untuk x86

2006-01-17 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Terus terang saya masih lebih kagum dengan Ipod dibanding Mac, kayaknya
 yang bikin Apple bangkit 2 tahun terakhir ya karena penjualan Ipod.

 Carlos

Saya kalo ke 'pabrik' sering geleng2 lihat mac OS. Mau beli buat
sendir, belum ada duit, lagian masih dapet jatah laptop presario
widescreen + suse 10, mayan lah.
Cuma kalo dibilang, karena iPod apple jadi bangkit, kalo dipikir2
betul juga.. Hanya, kok bisa 1 produk bisa membuat 1 perusahaan
bangkit, bandingin sama microsoft yang punya banyak diversi produk
(dari palm sampai ke server). Apa karena produknya, atau orang2 memang
nyari 'cult brand' yang lain karena bosan dengan microsoft, atau..
yaa.. karena iPod kewl aja geto. *pasti banyak yang mau bilang, karena
semuanya.. :D *

sorry kalo jadi OOT

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Developer vs. Desainer (was Re: [teknologia] Re: Menggalakkan outsourcing)

2006-01-17 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Kalo disini (valley), orang software groups yang begitu orang
  hadware, devtest,TAC,manajemen (basically: the rest of the company) :-)
  sering gak dianggep  ,tapi itu contoh buruk ajah.

 Ada contoh baiknya gak pak?

 Padahal aplikasi/pekerjaan itu sebenarnya kan harus team work. Semua
 punya peran yang sama penting.

Kayaknya sama dengan perusahaan marketing, lebih disayang marketing
daripada staff lain. Karena, mereka merasa yang 'mencari' uang.
Mungkin orang software groups juga meresa 'jadi tulang punggung'
makanya betingkah arogan.

Jadi, yang harus dipegang orang PM nya, biar dia bisa melakukan
pendekatan ke dua kubu.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Developer vs. Desainer (was Re: [teknologia] Re: Menggalakkan outsourcing)

2006-01-17 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Nah, makanya sebenarnya ini rants saya, dan juga rekan2 UX lainnya,
 karena untuk orang2 programmer (teknis) kami adalah yang paling
 'nyeni' sedangkan untuk orang2 desainer (art) kamu adalah yang paling
 teknis hehe. Jeleknya disini, malahan dimusuhin hahaha, karena
 dianggap memihak pihak yang lain =P.

Sekali lagi, itu hal yang sangat jamak di dunia bangunan. Arsitek - T.
Sipil.. gak pernah akur :D Dan biasanya, anak sipil yang harus
ngalah.. *kesian deh.. :D* karena orang lebih melihat design ketimbang
susahnya ngitung momen. Di IT, akhirnya emang tampilan yang bicara,
baru fungsi dari aplikasinya. Jadi, harusnya pada mihak ke designer
ya.. hehehe..

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Teknologi dan perspektif (Re: Why I should work for Google)

2006-01-16 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  maklum tugas berat menanti kita,menangani panci google yang jumlahnya
  100,000 itu.  HE HE HE :)

 Kalau yang diajakin susah untuk dikomporin saat ini, ya sudah. Tapi
 nanti kembali lagi beberapa bulan/tahun lagi dan tulis di blog
 besar-besar: Tuh kan gué bilang juga apé! Dulu diajakin ga maú!

Kesannya saya jadi apatis, gak mau dibilangin, gak mau denger petuah
orang2 pinter... :P
Ya, mungkin karena kalian para dewa berjalan diatas angin (finlan, US,
etc) dan jarang kontak dengan kita makluk bumi. Boleh lah.. sekali2
ajak adik2 yang dibawah untuk jalan diatas angin, dan benar2
menghasilkan hal yang berguna. Sama seperti kata MDAMT, buat panci
yang berguna, kalau emang otak gak mampu buat pengganti macOS atau
microsoft. Export ke US - europe. Kok bisa kopi aja harus minum di
starbuck, padahal kopi doan gitu loh..

Tau gak kalau keluar rumah, semua yang kita lihat 99.99% pasti import.
Dari mobil sampai sandal. Apabila produk dalam negeri, pasti bahan
baku nya import. Sedih ? pasti !! Apa IT bisa ngebantu menghadapi
keadaan ini ? Bisa .. caranya, wah.. saya 'script kiddies'.. gak bisa
ngapai2n.. :D Tapi yang jelas kalau saya bisa bikin panci.. saya akan
bikin panci ajaib dan isi pakai ramuan biar nambah banyak asterix2
yang lain untuk bertempur. :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Why I should work for Google

2006-01-15 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 beda lah,tukang panci mungkin gak perlu sekolah S2 sampe ke jerman dan
 finlan segala. daya saing nya juga rendah.

 kalau mau terus2an jadi tukang panci juga gak papa,tapi jangan komplen
 kalo tiap hari hidup makin susyaah karena kebutuhan (negeri) tidak bisa
 dipenuhi lagi dari dalam.

Kenapa masalah dengan jadi 'tukang panci' ?  Bukankah itu industri
yang lebih 'real' ? Kenapa gak dibalik, karena disini lebih pas jadi
tukang panci, dibuat jadi industri yang modern ? Disini pabrik buat
bikin ember udah modern. Yang bikin kacang (garudafood) malah buka
bisa buka pabrik di china. Kelebihan mereka, padat karya. Mungkin itu
yang dibutuhin, bukan software developer yang cuma isinya 10-50 orang,
bisa pada kaya, tapi penduduk lain miskin. :)


--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Why I should work for Google

2006-01-15 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Sedangkan untuk anda yang pinter2 ini,mau ngerjain manual work bikin
 tukang panci ?
 pada kenyataanya saat ini memang intelektual di negeri ini cuman bisa
 bikin industri tukang panci saja,tapi bagaimana mendayagunakan
 anda,orang muda yang penuh semangat dan ber-intelek.Lulus ITB dan UI
 lagi :)
Makanya... daripada lulusan ITB, UI atau PTN / PTS lain pada ngehayal,
mending bikin yang real dan bisa di implemetasi dengan baik dan benar.
Yang anak sipil belajar bikin highrise building supaya bisa kerja di
china / taiwan, yang dokter bisa kompetisi sama dokter2 asia yang mau
masuk ke indonesia, dan banyak lagi lah. Daripada ngehayal nungguin VC
dari sillicon valley ngelirik indonesia. Boro2 mereka mikir indonesia
banyak orang pinter.. paling mikir disini sarang teroris..

 Lihat sajalah di malaysia,encik mahatirnya dari 90an juga kalo melihat
 kondisi masyrakatnya saat itu,paling cuman bisa bikin panci dan termos
 :) tapi lihat sekarang,dimana smart people dan industri hiteknya
 ternyata menghasilkan devisi yang besar.

Mm.. mungkin.. kalo gitu, pindah lah ke malaysia... :-)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: (weblogs.or.id): Introduksi

2005-12-30 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Saya demen daftar2 di website yang baru, dan tadi ikuan daftar.
Apakah ada rencana agar weblogs ini jadi wadah buat teman2 yang
menggunakan blogs khususnya di Indonesia ? (yayasan, paguyuban,
asosiasi, apalah) Atau memang mau buat portal aja seperti website yang
lain.

  Nah, mengenai bahasa, ini yang masih bingung. Disatu sisi, memang akan
 cenderung dalam pemakaian bahasa Indonesia. Untuk language pack interface,
 memang sudah dalam proses, sudah sekitar 60%. Tapi ini languange pack untuk
 Expression Engine JAUH lebih banyak dari pMachine yang pernah saya translate
 sebelumnya

Kalau bahas saya gak pusing. Saya sendiri bahasa endonesah nya acak adul. :P

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Pembaca layar berbahasa Indonesia Re: [teknologia] Re: Menilik pemilik/pengelola situs ROYSURYOWATCH.COM

2005-12-21 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Caranya?
 -1. Cari kawan2 dengan minat sejenis
  0. Bikin repositori proyek di sf.net
  1. Mulai bekerja
 http://festvox.org/festvox/book1.html
  2. Terbitkan dengan segera dan sedini mungkin
  3. (Kalau mau) Bikin startup (lagi2 startup) yang mendukung proyek ini
Kalo bikin startup, udah masuk ke business, gak GPL lagi ? Berapa
banyak usaha yang bebasis GPL berhasil kompetisi dengan non-GPL ?

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Pembaca layar berbahasa Indonesia Re: [teknologia] Re: Menilik pemilik/pengelola situs ROYSURYOWATCH.COM

2005-12-21 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Belum tentu. Bisa diakali dengan lisensi ganda (Komersil dan GPL atau
 LGPL atau apa saja).
Mmm.. tergantung hati nurani si pembuat program ya :)

 Masalah statistik keberhasilan, tidak tahu. Tapi beberapa perusahaan
 yang melakukan pendekatan GPL/LGPL/lisensi bebas/sedikit bebas lainnya
 dan berkompetisi dengan lisensi komersil bisa disebutkan: Red Hat,
 MySQL, Nokia, Novell, Sun, dsb. Entah sudah dapat dikatakan berhasil
 atau tidak, (tergantung lihatnya dari mana, apakah dari berapa meter
 ketinggian gudang uang masing2 perusahaan atau dari penetrasi
 teknologinya)
Menurut saya parameter buat bisnis ya uang. :) *iya.. saya matre..
hihihi* kayaknya untuk kasus tertentu, teknologi berbanding lurus sama
duit yang masuk, gimanapun juga si developer harus makan kan.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: GPL Non GPL (was: Re: Pembaca layar berbahasa Indonesia)

2005-12-21 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  GPL memang tidak dipakai untuk berbisnis dengan bisnis model sekarang. 
  Kalau open source, masih mungkin, bahkan bisa jadi trend. Menurut penuturan 
  Stallman yang saya dengar di Debconf II di Depok beberapa waktu lalu, model 
  bisnis Free Software adalah banyak perusahaan akan meminta Vendor aplikasi 
  untuk melakukan 'customization'. Misalnya company Arie pengen implementasi 
  CUPS yang spesifik, dia bayar ASP (application service provider) yang mau 
  melakukan 'customization' tersebut.  Setelah selesai, hasilnya juga akan 
  dirilis menjadi GPL, tapi pekerjaan customization

 1. Dari sisi bisnis,apa perbedaan model 'customization' diatas dengan
 software consulting model yang biasanya dilakukan consulting firm
 (infosys,wipro contohnya) ?

 2. Ada contoh persh-nya ? pointers ?
Kalau gak salah SourceForge bikin seperti ini, dia jualan aplikasi
sourceforge nya ke umum (HP salah satu pengguna). Dan kita tetap bisa
donlod aplikasi itu, cuma buat nginstall dan advance featuresnya
kerjain sendiri. Tapi gak tau apa masih terus atau ngga'.


 IMO jelas sekali strategi untuk bertahan.

 Di networking,Nortel sudah mencoba pendekatan  ini pada 1998 tapi
 gagal.
Maksudnya perusahaan jangan menggunakan open souce movement sebagai
salah satu strategy ? Atau voluntary movementnya ?  Atau.. GPL nya ?
Ma'af saya beneran gak ngerti :(

*ini sekedar diskusi, soalnya saya pun gak ada yang bisa di GPL'kan :)*

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: [OOT?] milis kreatif

2005-12-20 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Orang-orang teknis jarang mau terlibat di komunitas dunia
 nyata.Akhirnya,yang  'menguasai' atau 'memegang peranan besar' dalam
 per-internetan di Indonesia (termasuk yang menjadi nara sumber di media
 massa seperti kasus yg belakangan ini gencar) hampir semuanya mereka
 yang punya backround bagus dalam public-relation tapi minim dalam hal
 teknis.Makanya dalam fakta sehari2nya sering berbenturan dengan orang2
 komunitas/teknis yang hanya talkaltive di dunia maya.

Iya, saya rasa itulah kenapa ada nya selebritis you-know-who karena
orang-orang seperti itu lebih dekat dengan public, dapat memanfaatkan
moment, bisa ngomong sama manusia (gak cuma sama mesin), dan
sebagainya. Jadi inget sama  Orang pertama yang tukang bohong adalah
Lawyer, kedua adalah Public Relation. :)


--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: The Internet's most versatile HTML editor

2005-12-20 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 oot
 Jika ada diskusi tentang editor dan Ronny sudah angkat suara, saya
 ikut senang: tinggal mengamini bahwa Vim dan gVim tetap yang paling
 sulit ditinggalkan.
 /oot

Idem.. :D Pertanyaannya, kenapa jarang milih emacs ya ? Dulu saya
pernah nyoba pake emacs, kagum soalnya bisa ada calendar dan main
tetris..  tapi begitu bingung buat keluar dari emacs (kayak :q di
vi).. jadi gak pake2 lagi.. hihihi.. Padahal kono emacs jauh lebih
hebat.. Gimana pengguna emacs ?
*ditunggu komentarnya*


--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Ada Apa Dengan Matematika?

2005-12-18 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Nah untuk yang ini cukup menarik.  Sekarang  ini  trend-nya  sekolah2 top
 di  Indonesia  (SD/SMP/SMA swasta unggulan)  banyak menerapkan  metode ini,
 mereka mementingkan kreativitas, PR, nilai ujian, ranking, dll warisan jaman
 lampau tidak dipentingkan. Anak digali potensinya menurut bakatnya,
 kemampuan sains tidak dipaksakan, kalau anaknya memang lebih berminat ke
 seni misalnya.
Sekarang sekolah unggulan udah kayak jamur.. namanya unggulan, buat
jadi kita tertarik sih.. tapi belum tau gimana isinya.

  Ada pendapat teman saya yg anaknya disekolahin di sekolah spt itu bilang
 kalau itu bagus, dan ternyata anaknya sekarang jadi lebih kreatif, lebih
 berani mengungkapkan pendapat, dan lebih kritis.

  Tetapi ada juga teman saya yg lain (kebetulan pernah ke US) berpendapat
 metode ini sebenarnya menyesatkan juga, karena anak jadi semaunya dan kurang
 value.
  gimana sebenarnya ?
  (untung anak saya masih belom sekolah, jadi masih ada banyak waktu untuk
 cari tau)

Nah.. ini yang penting.. share dong temen2 yang di luar.. BTW, kalo
dilihat pendidikan jaman baheula (thn 70-80an) dimana sekolah ketat,
PR segudang, Hafalan sejubrek, jadi metode lebih baik untuk saat ini ?
oot dari matematik ya ? :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Ada Apa Dengan Matematika?

2005-12-16 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 On 12/17/05, Zaki Akhmad [EMAIL PROTECTED] wrote:
 
  Kenapa Matematika penting?

 Selamat. Ternyata Anda lebih dahulu menyadari daripada saya. :-)
 Saya baru mengenalnya 3 tahun terakhir ini setelah lulus S2. :P
Dan saya baru sadar akhir2 ini, setelah itu teknologia... :D

 
  Ternyata Matematika sangat penting.

Memang betul.. Dan karena saya sudah terlambat, saya ingin sekali
membuat anak saya lebih menyukai matematik dimulai sejak awal. Sayang
saya gak tau gimana pendidikan di Indonesia bisa membantu (pengalaman
waktu kecil gak suka matematik karena gurunya gak pinter ngajar).
Sekarang udah mulai banyak buku / majalah untuk si kecil buat belajar,
dan sepertinya agak susah membuat mereka suka matematik hanya dari
sekola. Ada ide lain ? Seperti tips n trick dari para pakar (bukan
pakar yang itu.. ) supaya anak2 kita suka matematik ?

regards,

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: top posting

2005-11-21 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Sebenarnya pengembang Gmail ini sangat kreatif. Siapa coba yang kepikiran
 bikin sistem email model percakapan kayak gini? Makanya, sangat bagus buat
 mailing list, 'Re:'-nya ga usah banyak - banyak dan ga bikin pusing hehehe
 :)

Memang sih untuk di webmail, tapi saya pakai Microsoft Outlook 2003
*license :-) *- juga seperti ini, arrange by conversation. Sayang di
kmail belum bisa.. ( OOT )

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: spbu asing mulai beroperasi bulan dpn

2005-10-13 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  ya, karena hukumnya di tegakkan dengan benar, ngga perduli siapapun
  yang melanggar hukum harus di hukum, kalau ngga salah ada kan walikota
  di negara ini yang hukum mati karena korupsi. harusnya kita
  penduduknya beragama bisa lebih baik donk dari cina hehehe tapi
  kenyataanya ngga tuh. mari kita cari apa yang salah 
 

 Setuju pak. Malu gak sih,disuruh belajar ama yang komunis.


OOT nya mulai jauh oii... Ntar berubah dari milis teknologia jadi
milis politikia lagi..  Mending dibayangin, mungkin gak teknologi
briket batubara bisa jadi solusi untuk mengganti minyak tanah. Kalau
bener, apa bisa briket batubara juga mengganti elpiji.. karena dari
sisi harga *katanya* murah.

Sorry kalo ini OOT juga :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: spbu asing mulai beroperasi bulan dpn

2005-10-13 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  Mending dibayangin, mungkin gak teknologi briket batubara bisa jadi
  solusi untuk mengganti minyak tanah. Kalau bener, apa bisa briket
  batubara juga mengganti elpiji.. karena dari sisi harga *katanya*
  murah.

 Bisa diperbaharui gak batubara? Biar murah kalo gak sustainable ya
 akan kena masalah yg sama nantinya. Demand naik, supply turun, harga
 ...

Memang ngga'.. tapi ini cuma ngelihat keinginan pemerintah mulai
mempopulerkan penggunaan briket batubara lagi, dan ada rencana untuk
memberi secara GRATIS *sinting ya.. gak tau deh pake duit siapa* 10
juta tungku batubara ke rakyat.
Ya, kalau mau yang gak abis2, pakai panas matahari, atau panas bumi
kali buat bikin telor setengah mateng.. :)

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Video / multimedia Library

2005-10-12 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Allo,

Kantor saya punya kesukaan mendokumentasikan kejadian ke dalam video,
biasanya ke video8 atau minidv, setelah itu di burn ke CD atau ke DVD
lalu disimpan dalam lemari. Sekarang masalah karena lemari makin
penuh, dan banyak rekaman yang udah obsolete. Saya mau tanya, apakah
ada tools yang bisa memudahkan saya dalam menage video / gambar /
suara kedalam suatu format, dan bisa dikasih keterangan (menjadi
sebuah perpustakaan). Jadi saya bisa browse, bisa cari gambar sesuai
dengan kata kunci, lalu bisa saya buka, lalu kalau sesuai, bisa saya
burn ke CD / DVD. Begitu juga sebaliknya, ada rekaman baru, saya
jadiin ke format tersebut, lalu saya upload ke tempat itu. ? Format
apa ya ? Dan kalau ada tools / aplikasinya, apa namanya ?


--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: spbu asing mulai beroperasi bulan dpn

2005-10-12 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Inilah sebab utama harga BBM dinaikkan, supaya SPBU asing bisa beroperasi di
 Indonesia... selamat datang (american) free market..

Apakah (american) free market berarti 'Baik' ? Siapa yang beruntung ?
Saya konsumen bawah yang cuma bisa bawa mobil butut, atau konsumen
atas yang biasa bawa jaguar ?
Harusnya adanya persaingan bisa membuat kita jadi terpacu.. bukan ?

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: bbm

2005-09-28 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Iya sih,
 naik sepeda itu enak, asal kotanya datar, bukan naik turun bukit kayak
 Bandung, kecuali kalau mau pengen punya otot betis (kempol) yang kayak
 kawat :))

 *kasihan deh kalo lihat tukang becak di bandung yang kuat-kuat*

Jaman tahun 60'an sih waktu orang tua saya masih kuliah di UNPAD,
mereka sering naik sepeda.. Rumah daerah geger kalong.. :) Gak tau
beda apa ngga' bandung thn 60 an sama sekarang.. mungkin sekarang plus
macet ya. :)

Ma'af OOT..

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Berapa orang IT yang dibutuhkan?

2005-09-09 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 dijadikan bahan riset saja Pak .. minimal, kalau kita
 punya satu set asumsi, kita bisa melihat sampai seberapa
 fit asumsi tsb. di lapangan.

Sebenernya tergantung kebutuhan perusahaan juga. Kalau di pers. itu
pakainya cuma spredsheet, wordoc, terus jaringan standart, 50-60 PC,
ada 10 server hanya untuk file sharing, DNS, web, etc, saya rasa IT
nya gak perlu rame2. Cuma banyak outsourcing untuk devel dan maintain
security.

regards,

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: I do love to chat with you!

2005-08-30 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

2005/8/30, mary [EMAIL PROTECTED]:
 
 I get to know you in the group and let's chat to know each other more.
 http://www.geocities.com/beautifulgirlsm/
 
doh.. kebobolah eui.. 

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Laptop dengan Linux in one package, kenapa tidak laku?

2005-07-15 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Menurut pengamatan pribadi:
 The applications. Orang kebanyakan membutuhkan aplikasi yang berjalan
 di atas sistem operasi, bukan sistem operasinya. Mari kita lihat
 aplikasi apa yang berjalan di atas Linux.
 - aplikasi perkantoran: OpenOffice, etc? Masih belum senyaman Microsoft Office
 - aplikasi grafis: GIMP, xfig, etc? Belum bisa dibandingkan dengan
 Photoshop, Freehand, dll
 - aplikasi games: apalagi yang ini.
 
 Orang yang sudah terbiasa dengan aplikasi di atas Ms Windows tentu
 saja akan produktivitasnya akan berkurang kalau memakai aplikasi di
 atas Linux tsb. Selain karena belum familiar, juga masih kurangnya
 feature.
 Jadi, buat apa saya beli mesin yang isinya hanya seperti itu?
 
 Mac OS X sukses (salah satunya) karena aplikasi juga. Microsoft Office
 versi Mac ada. Photoshop juga ada. Games juga tidak kalah banyaknya.

Dengan berat hati saya juga lebih memilih windows XP untuk di desktop.
Linux memang bagus, kalau lingkungan pekerjaan kita menggunakan linux
semua, dari depan ke belakang (marketing ... finance). Sekarang,
pengguna windows akan berpikir 2 kali karena rata-rata  lingkungannya
semua masih menggunakan windows, belum lagi learning curve yang harus
mereka lewati. Juga kemudahan penggunaan, seperti sharing printer,
sharing folder dan yang lain. Jadi, walaupun laptop linux lebih murah,
mereka prefer menggunakan laptop pakai OS windows. Atau mereka tetap
beli laptop linux, reinstall dengan windows bajakan.

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Laptop dengan Linux in one package, kenapa tidak laku?

2005-07-15 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 On Fri, Jul 15, 2005 at 04:44:26PM +0700, Yulian Firdaus H. wrote:
  jadi linux sering dijadikan tumbal karena kurang support terhadap
  berbagai aplikasi atau hardware, sedangkan kenyataannya adalah
  aplikasi atau hardware yang enggan mendukung linux
 
 Iya, padahal kalo MAU sebetulnya game2 itu hampir tidak ada yg tidak
 bisa dibuat dg apa yg ada di Linux skrg. Wong diemulasi pake WineX
 atau Cedega aja banyak yg bisa kok. Apalagi kalo mau dibuat native.

Akhirnya kembali ke masalah market atau users. Linux marketnya kurang,
mungkin salah beberapanya:
1. Terlalu banyak distro, jadi bikin bingung developer.
2. Support end-user, baik dari reseller, vendor, 3rd party. Support
rata2 dari internet, milis, om google. Sedangkan sebagian besar
pengguna komputer sekarang, bukan geek kayak warga milis ini :)
3. Penetrasi Windows terlalu kuat untuk digoyahkan, penetrasi tidak
hanya ke market, tapi juga ke vendor software dan hardware. Gak heran
kalo banyak yang gak mau support linux.

Jadi, untuk mengganti linux di desktop / laptop, mungkin masih mimpi
di siang hari bolong. :)

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Akhirnya microsoft beneran buka riset center di Jababeka.

2005-07-03 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 hm.. maaf mas arie, bukannya saya ngga percaya mas arie, tapi sumber
 informasi bahwa  microsoft beneran buka riset center di Jababeka
 mana mas arie? (baca dengan gaya mpok indun di bajaj bajuri.. :D)
 
 maksud saya linknya gitu..
 
 --
 http://john.chendra.net

Ma'ap baru reply hari ini, biasa, weekend is no-comp. day :D 
Saya baca di trailernya MetroTV, dan saya gak ambil skrisotnya...
Kalau saya salah, salahin MetroTV ya.. ;)

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Gasohol.

2005-07-03 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Saya dapet email dari teman mengenai Gasohol, dia cerita pernah mampir
ke PUSPITEK serpong untuk beli beberapa liter Biodiesel, terus
diperkenalkan dengan produk Gasohol. Harga gasohol sekitar Rp 3.800 /
liter dicampur ke 10 liter bensin, dan bisa naikin oktan bensin setara
dengan pertamax-plus. Katanya gasohol itu punya oktan 115. (Super aja
cuma 98). Tapi gasohol ini belum dipasarkan karena alasan politik dan
gasohol sangat flammable.

Apakah ada yang tau kenapa kok gak dipasarin ? Politik apa ya ?

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: PLB vs Open Source (was: Re: wireless access point dan router)

2005-06-21 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Ini sok tahu tapi sepertinya kalau hubungannya dgn GPL berarti:
 
 PLB = Perangkat Lunak Berlisensi... ini asli sok tahu.
 
 Bener atau salah?

Kalo gak salah, Perangkat Lunak Bebas ? Terus terang diskusi mengenai
penamaan ini rada gak nyimak, abis pointnya tambah blurr.. maunya kita
pakai PLB, FOSS, dsb itu untuk apa ya ?

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: Fwd: Pusat Riset Microsoft

2005-06-10 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Jadi seandainya Bill Gates menyumbang dana (biasanya lewat Bill 
 Melinda Gates Foundation) berarti itu otomatis sumbangan dari
 Microsoft juga?

Bisa iya, bisa tidak.. mau dilihat dari sisi mana. Kalo enterprenuer
(bener gak nulisnya :D) apa aja yang mereka lakukan pasti akan
di/terkait satu sama lain. Orang bikin bazar amal, ujung2nya untuk
jualan juga. Bikin kegiatan sosial, untuk meningkatkan awareness massa
terhadap produk mereka. Jadi kalo ditanya gitu, secara gak langsung
memang tidak, tapi bisa mendongkrak image microsoft sebagai perusahaan
yang perhatian kepada negara dunia ketiga, atau orang miskin.
 
 Dan seandainya Microsoft meluncurkan patch utk Windows berarti itu
 karyanya Bill Gates sendiri?

 I don't think so... Ada perbedaan antara personal dgn perusahaan.
Agak sulit. M$ pasti keinget dengan Bill Gates, GE pasti inget Jack
Welch, Bimantara keinget sama Cendana. Mereka emang gak bikin produk
secara langsung, tapi, apa semua kegiatan mereka sering dikaitkan
dengan usaha mereka.
 
  Jika ada rasa tidak suka... mungkin itu timbul karena iri hati..
 
 Tidak suka = iri hati... saya tidak suka dengan koruptor, apakah saya
 iri hati dengan koruptor? (Bisa jadi sih, siapa tahu saya iri karena
 tidak dapat kesempatan korupsi... hehehe).

Kalu tidak suka koruptor, mungkin timbul karena iri tidak bisa
koruptor.. weleeh.. :D

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: pengertian OEM dan bukti legalitas software

2005-06-02 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  1. Apakah software-software (umumnya ditawarkan oleh spammer) yang mengaku
 berlisensi OEM seperti yang dijual di sini http://www.softplenty.biz/
 bersifat legal?
  Setahu saya, pengertian software OEM adalah: software (legal) yang
 diberikan saat kita membeli sebuah komputer dan software tersebut hanya
 untuk dipasang di perangkat itu.

Saya pernah ngundang microsoft waktu proses pembelian beberapa license
OLP untuk windows XP dan office nya. Dari mereka saya tahu, OEM
(Original Equipment Manufacture) itu diinstall di pabrik hanya
berlaku 1 PC dan tidak bisa di transfer ke PC lain. Jadi kalau ada OEM
yang dijual bebas, harusnya ilegal. Tapi

  2. Apa bukti legalitas sebuah software ? Apakah cukup dengan menunjukkan
 hologram yang tertera di komputer kita (OEM case)? Atau box yang menyertai
 CD
  yang kita beli ? Atau apa ?

Yang ini belum nanya ke mereka lagi :D

*yanggagalimplemetlinuxdesktopdikantor :((*

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: warnet mulai pakai GNU/Linux

2005-06-01 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Betul Pak, reaksinya emang beragam. Mulai dari sang pengguna jasa
 warnet sampe dengan pemilik warnet. Mulai dari instalin linux,
 ngajarin user, ampe pendapatan menurun.
 Nah karena pendapatan menurun, si pemilik warnet rela ngeluarin uang
 puluhan juta rupiah tuk membahagiakan pengguna jasanya, hehe,,, (ini
 sih karena warnetnya dah cukup lama beroperasi dan sudah banyak

Setahu saya, dalam EULA nya Microsoft itu jelas dikasih tau kalau kita
tidak boleh menyewakan komputer dengan OS windows ke orang lain. Jadi,
warnet walopun pakai license asli windows (OLP atau OEM) tetap aja
ilegal kan ? Jadi, kalau mau jalanin warnet, harus menggunakan bukan
windows. Atau, asumsi saya salah ?

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] OOT: Gimana nasib FOSS di Indonesia setelah SBY ketemu BG ?

2005-05-26 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

Kira-kira apa ya yang disodorin bill gates ke SBY ? Kalau sampe
windows dikasih diskon gede2an, lalu nasib opensource bagaimana ? IGOS
akan berbuat apa ?

*yang hanya pengguna, bukan developer *
-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: OOT: Gimana nasib FOSS di Indonesia setelah SBY ketemu BG ?

2005-05-26 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 1) jawaban RTFM jangan menjadikan patah semangat. Banyak pertanyaan
 yang sebenarnya sudah tersedia jawabannya di Internet.
Tapi ini dilema, di windows, harus diakui semuanya lebih
self-explaintory. Semangat RTFM masih susah diterapin ke pengguna
windows.
 
 2) pindah ke lingkungan yang lebih cocok dengan pertanyaan tersebut.
 Tidak pantas kan bertanya cara menghapus satu direktori penuh di milis
 kernel?
Memang harapannya demikian, tapi gak semua orang tau milis linux,
apabila tau, gak semua orang tau tata-cara ngimil ke milis. Dan gak
tau juga mau tanya apa, karena memang dasarnya semua bisa dipelajari
sendiri dengan GUI yang familiar.


-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: opini ttg GTK+ dan wxWindows

2005-05-24 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

  2. Ah, kayak masalah tidak kenal saja deh ...
 
 bagaimana kondisi sekarang? apalagi ditambah makin ramainya warnet yg
 tutup karena dirazia? kebutuhan akan perangkat lunak bebas terbuka tentu
 (semestinya?) makin diminati?
 
Atau cara pandangnya yang dirubah, bahwa razia warnet inilah yang
hanya trend sesaat. :D

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id


[teknologia] Re: GBT :)

2005-05-13 Terurut Topik Arie Reynaldi Z

 Nah, kalau kita ingin ngomong ke teman secara langsung atau
 mau bisik-bisik maka kita menggunakan gbt = gerakan bawah tanah.
 terus terang saya tidak tahu siapa yang mulai menggunakannya.
 
 Saya menggunakan GBT untuk tulisan yg isinya bisik-bisik, rumour,
 gossip, dan ... yang nggak mutu (kata old media).

Kalau di obrolan 'anak muda' sekarang, GBT suka dijadiin 'gebetan',
apa itu juga mengacu ke 'gerakan bawah tanah' ya :)

-- 
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id