On 10/2/05, Mohammad DAMT <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pada hari Minggu, tanggal 02/10/2005 pukul 12:29 +0700, didik achmadi
> >
> ini bukan ke valley tapi ke Finlandia: *-)
> http://gnomedesktop.org/node/2333

Wah ini pertanyaan susah tapi coba saya beri gambaran singkat:

-Kecuali anda lulusan Stanford atau IIT,anda semua "just another engineer",
artinya lulus dimana,di Indonesia atau Pilipine atau Nikaragua ya sama
aja buat mereka. Mau lulusan ITB atau Universitas Mpu Senduk di Klaten
(sorry ya kalau universitasnya bener2 ada) gak jadi masalah selama
"you can do the job".

Kalau anda dulunya "king" di Indonesia karena lulusan PT ini di
Indonesia, di SV gak berlaku lagi.

-Yang mereka lihat  experience , experience , experience dan kemudian
motivasi/good working ethics.

-80% persh di Valley adalah persh vendor/inventor/R&D/startup,
jadi kita bikin produk yg belum ada di market atau maintained produk
yg sudah dilepas ke publik.Terbagi dua: public company atau
startup(VC-funded).

Kehidupan  naik turunnya perusahaan sangat tergantung dengan "market",kalau
anda bikin teknologi yg marketnya tinggi,sales tinggi,semua happy,everybody
makes $$$,tapi sebaliknya jika market tidak ada/kecil atau kalah
dengan kompetisi
dari persh yang lebih besar,ya efeknya  langsung terasa pada perusahaan,entah
berupa layoff atau bangkrut.

Jangan heran kalau melihat org yg habiskan 5 tahun untuk develop
produk gagal,ini sudah termasuk resiko.

Gua sendiri habiskan total 2-3 tahun untuk develop produk gagal..hehehe :)

-Life Cycle Teknologi sektor  bisa dibagi dalam beberapa stage:
emerging->growth->maturing->declined.

Contohnya: kalau di networking,IP routing/switching yang masa
growthnya adalah pada periode 1996-2000, sekarang berada pada  stage
maturing. Teknologi ISDN/ATM boleh dibilang pada declined stage. Token
Ring ? mati.Yang terus dalam masa growth stage adalah Ethernet.

Misalnya anda programer "ISDN" pada 1999,nah anda skrg harus lebih flexible
dan adaptif dengan market untuk mengerjakan teknologi yang berada di
emerging atau growth stage.

Intinya: kalau anda top engineer sekarang,bukan berarti anda bakal top
lagi 3 tahun dari skrg kalau gak terus belajar dan adaptif/flexible
dengan market dan teknologi.

-80% rekruiment sebenarnya dilakukan melalui insider contact.Tanpa kontak
agak susah untuk mendapatkan recruitment feedback,kalau ini yg kita bisa bantu.