> namun, dalam bahasa jurnalisme maupun buku arab modern, kosa kota mereka
> banyak yg diambil dari bahasa inggris. komputer -->gombuter, misalnya.
> pernah dicoba memakai kata al-hisab al-utumatikiyyah (mesin hitung
> otomatis), tapi kata ini tidak jalan. ini salah satu contoh.

Betul,kalau saya denger rekan2 yang bicara Hokkien atau Hindi mereka
langsung balik menggunakan bahasa Inggris begitu menyangkut bidang
komputer/IT.

> sekedar ikut bincang2 sesuai 'perintah' bos saya carlos patriawan (hallo
> pal, howdy your sillicon? :D ),

Ah jangan gitu dong,mungkin bagus jika Pak Fatih bisa cerita banyak
karena punya pengalaman sehari-hari di negara atau lingkungan dimana
masyrakatnya bisa maju melalui  sektor teknologi tinggi.

Pertanyaanya bisa dimulai sbb:
Pola pendidikan disono bagaimana sih ?
Kenapa universitas seperti IIT bisa punya ribuan lulusan world-class ?
Faktor apa saja disana sehingga masyrakatnya berbondong2 belajar IT dan
hitek sektor lain (seperti bioengineering) ?

mungkin perlu bikin thread baru Pak.