Halo Mas Agus, saya sependapat dg anda lho ;-). Memang internet memiliki
freedom for speech and expression. Justru dg keragaman info di internet
maka siapapun dan dari generasi manapun bisa mengetahui atau merasakan
informasi tsb. Khususnya dg ide-ide orisinal, budaya, bisa juga agama dll.
Itu sesuai dg pendirian internet itu sendiri dimana para penemunya awalnya
amat prihatin atas banyaknya informasi manusia (bangsa, budaya, cerita
dll) yang hilang pada perang dunia II. Maka sejak itulah dimulai
penelitian internet (tidak hanya di AS, di Eropapun dilakukan) dan
sekarang kita bisa merasakan manfaatnya. Kebetulan perkembangannya
melibatkan lembaga pertahanan AS (proyek ARPANET), maka seolah-olah
internet adalah tool AS bagi pelebaran hegemonynya. Padahal, ide orisinal
risetnya adalah seperti di atas, saya yakin itu tetap masih dipegang
sampai saat ini. Karena itu ICANN atau W3C tidak pernah merasa didikte
oleh proposal G Bush ke PBB saat ini ;-).

Cyberlaw Indonesiapun jadinya saya kira tak perlulah membelenggu soal
content saya kira, tetapi POLRI yg harus membuat aturan tsb. Soal sara
atau porno amat berhubngan dg soal ketertiban masyarakat, jadi itu tugas
polri ;-).

Salam
-marno-