Kayaknya perlu meluruskan beberapa istilah dulu nih.

Istilah channel digunakan untuk morfologi penggerusan yang memanjang. Bisa di
non-marine (fluvial channel), bisa juga di submarine (eg. turbidite channel).
Fluvial channel sendiri bisa dibagi-bagi lagi menjadi braided system,
meandering channel, straight channel, dll (bisa refer ke Facies Model-nya
Walker)

Istilah point-bar digunakan untuk endapan di system meandering channel.
Menurut saya, kalau kita mempergunakan istilah genetik ini, kita sudah
menyimpulkan lingkungan pengendapanya.

> kalo kita ngukur panjang channel sand, apa cukup dari kontras
> impedansi?

Kalau yang dimaksud "wadah"-nya, kontras P-impedance umumnya bisa
dipergunakan karena channel ini menggerus sedimen yang lebih tua (eg. 3D
image yang dilampirkan Rovicky). Ini dengan asumsi resolusi vertikal dari 3D
seismic and mencukupi.

Tapi kalau yang dimaksud sand di dalam channel, umumnya perlu lebih dari itu.
Bisa jadi perlu Vp/Vs karena kontras sand dan shale yang lebih besar di
domain ini. Bisa juga perlu hydrocarbon atau porosity preservation yang bisa
memperbesar kontras P-impedance sand tsb dengan litologi di sekitarnya.

> trus endapan channel fill apa selalu berasosiasi
> dg point bar?

Channel bisa terisi suspensi (mud-filled atau abandoned channel). Point bar:
lihat definisi di atas. Jadi jawabnya tidak.

> jadi yg dimaksud dg chasing channel berarti
> juga chasing point bar?

Jelas tidak.

F. Hasan Sidi
Fugro-Jason Australia BV