Nah mungkin pelajaran menarik dari Ms Tari bisa disharing ke teman2 tuh
Mbak...karena saya kira banyak teman2 yang pengin tahu gimana2 cara nulis or
take picture in travel but also have selling points. sukur kalau bisa
seperti Mbak Tari. Tetapi, kalaupun tidak, minimal (walaupun tidak masuk
media massa), bisa menambah rasa terhanyut kita saat membaca posting jurnal
perjalanan teman2 di milist ini. Dan siapa tahu, dari tulisan2 perjalan tadi
kita bisa bikin buku perjalanan "indobackpackernya lonely planet" a'la
millist. Karena saya pribadi senang banget bisa membaca jurnal perjalanan
seseorang, selain kita nambah info tentang site2 tertentu, kita juga bisa
"lepas beban mental' sementara dari kerjaan or kesibukan kita masing melalui
tulisan perjalanan teman2..yah anggap ajah dengan membaca buku or tulisan
perjalanan kita juga sudah 50 % jadi traveller, adventurer, bacpacker atau
apa pun namanya...itung2 bisa dapat julukan  " The arm-chair traveller"
(hehehe). Jadi, kalau boleh, kita minta permisi ke mbak tari...kita tunggu
postingnya tentang bagaimana nulis n ambil foto perjalanannya...or
maybe...kalau ada waktu kita kumpul2.
 
Dan tentang hobi jalan/adventure, kalau gue rasa sih, orang yang mau jalan2
baik yang berbiaya mahal atau tidak...yang berbudget Rp 0,- atau yang Rp
unlimited  "soul"nya tetap kepada bagaimana cara orang memaknai
perjalanannya masing2, termasuk apakah akhirnya perjalanannya punya makna
tambahan atau tidak.  Karena, mungkin saja bagi sebagian orang dengan
menjadi seorang "Weekend Backpacker" ternyata  bisa menyenangkan
dibandingkan bawa ransel selama berminggu-minggu or mungkin berbulan2,
karena, misalnya mereka sudah punya anak dan keluarga yang dicintai, sebesar
cinta mereka kepada Backpack yang jadi teman perjalanan mereka....sekali
lagi anda yang memilih.  
 
Saya sendiri jarang jalan2, karena selain dana terkadang waktu juga gak
bisa. Tetapi untungnya karena tempat kerjaan saya "agak di pedalaman" dan
"agak membutuhkan bolak2 kesana kemari gak jelas" yaaah itu bisa mengobati
sakit mata saya dari rasa lelah rutinitas. tetapi gak bisa dipungkiri,
terkadang dengan "bolak2 kesana kemari gak jelas" dan ngobrol dengan siapa
pun di jalan kita bisa mendapatkan hal baru! atau, bisa juga kita bisa punya
makna baru atas hal2 lama yang biasa kita lakukan!! ....atau mendapatkan
makna seperti kebanyakan yang saya dapatkan: "semakin gak jelas euy!!!
....tetapi dengan semboyan "biar deh gue kerja begini, yang penting jalan2
dibayarin orang, terus tiap akhir bulan dapat gaji lagi"  wuekek kek..hehehe
 
Akhirnya,....semua masih belum berakhir...semua masih bergerak...baik hidup
atau makna hidup dari kita masing-masing...jadi, sampai ketemu di perjalanan
teman2 semua !
 
salam
 
Ramlan
 


   _____  

From: [email protected] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
On Behalf Of Ms tari rahardjo
Sent: 10 September 2008 0:18
To: [email protected]
Subject: Re: [indobackpacker] Hobi Adventure/Jalan-jalan mengorbanan
kemapanan di masa depan



Hadyuuhh....-...Namakyu disebut! (Jadi inget lagu saat wisuda kakakku di
Bogor puluhan tahun dulu, "Di doa Ibuku, namaku disebut.....-.." Tau gak?
Ups, OOT....)

Begini ya nak Andree ya.....

Saya pun tidak sering jalan2, karena prioritas utama adalah nabung. Saya
sendiri takjub dengan kenekadan teman2 yg menguras tabungan utk jalan2. 

Kenapa koq 3 th ini sering jalan? 

Begini....pada suatu hari lagi gak jelas, saya iseng2 nulis dan kirim di
media. Eh dimuat....Lalu kepikiran lah aji mumpung, mumpung bisa nulis dan
motret dikit2, kenapa gak sekalian aja membiayai traveling yg rada banyak2?

Maka sejak itu, setiap traveling ada target : traveling = Rp0,-!

Karena target tulisan dan foto harus bisa dimuat, maka traveling saya mulai
lebih dari sekedar fun, karena mesti cari tempat yg pny nilai berita, dan
explorasi lbh dalam ttg tempat tsb. Maka kalo dulu fun2 dan foto, maka skrg
saya mempelajari tempat dan kehidupan masyarakat di tempat tsb. Cara
traveling dgn tour pun saya hindari banget, krn tulisan yg dihasilkan pasti
akan mati. Ternyata target utk menulis juga membuat gaya jalan kita lebih
kaya. Kalo dulu cuma explore yang ini aja, tp krn utk nulis mesti explore
ini-itu dan lebih dalam. 

Buat saya jalan2 is not simply the number of places. It is the exploration
that counts the most! Saya pun tidak terlalu suka traveling banyak2, krn
rasanya spt soup kebanyakan garam. Sy lbh suka traveling dikit aja tp
explorasinya dalam. Jadi, di forum traveler spt IBP ini, kadang2 kita merasa
peer pressure : kudu jalan2 biar dibilang petualang atau apa lah...... Saya
suka heran dengan pertanyaan : "Udah pernah jalan kemana aja?" Lho, yang
penting kan : kamu udah dapat hal baru apa dari jalan2? Apakah kamu dpt
perspektif baru? Kalo jalan2 cuma dapat foto2 narsis aja kan
menyedihkan.-......

BTW, traveling Rp 0,- gak cuma lewat tulisan, motret, atau sekolah. Tapi
bisa juga lewat training dan konferensi. Banyak grant yg diberikan utk itu.
Kemarin saya coba traveling Rp0,- via konferensi : saya tulis topik di
bidang yang dari dulu pingin saya geluti tapi salah pilih jurusan. Jadi,
selain bs traveling gratisan, punya experience konferensi international
(skrg saya jadi paham betul kata orang2 bahasa internasional itu kalo gak
inggris ya perancis....-.), punya jurnal international, dan yang terpenting
: bisa pindah industri! Selama ini orang cuma punya pilihan berkarir di
industri bidang kerja kita, suka gak suka. Nah, ini salah satu cara spy bisa
pindah industri. 

Contrary to the common beliefs, saya penganut kepercayaan bahwa kemampuan -
apalagi minat - kita tidak boleh dibatasi. Berarti, bukan tidak mungkin kita
punya spesialisasi lebih dari satu bidang ;-) Jadi, kalo dirasa perlu cari
2nd job, maka pilihannya yang tersedia gak cuma dgn dagang, tapi tambah
skill di bidang lain ;-)

Anyway, kalo mau saya bisa share cara nulis n motret utk travel. Sifatnya
share aja ya, saya bukan ahlinya....Kapan?

Salam, 

Tari

YM ID : HYPERLINK
"mailto:kuntarini_rahsilawati%40yahoo.com"[EMAIL PROTECTED]
HYPERLINK "http://kuntarini.multiply.com"http://kuntarini.-multiply.-com
HYPERLINK
"http://profiles.friendster.com/kuntarini"http://profiles.-friendster.-com/k
untarini

--- On Tue, 9/9/08, Stefanus Andree TW <HYPERLINK
"mailto:andree_784%40yahoo.com"[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> HYPERLINK "mailto:[EMAIL PROTECTED]" 

.
 HYPERLINK
"http://geo.yahoo.com/serv?s=97359714/grpId=13650709/grpspId=1705155186/msgI
d=24844/stime=1220986902/nc1=4767086/nc2=3848627/nc3=4507179"
 


Internal Virus Database is out-of-date.
Checked by AVG.
Version: 7.5.524 / Virus Database: 270.6.16/1641 - Release Date: 03/09/2008
0:00



Internal Virus Database is out-of-date.
Checked by AVG. 
Version: 7.5.524 / Virus Database: 270.6.16/1641 - Release Date: 03/09/2008
0:00
 


[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke