Nah mungkin pelajaran menarik dari Ms Tari bisa disharing ke teman2 tuh Mbak...karena saya kira banyak teman2 yang pengin tahu gimana2 cara nulis or take picture in travel but also have selling points. sukur kalau bisa seperti Mbak Tari. Tetapi, kalaupun tidak, minimal (walaupun tidak masuk media massa), bisa menambah rasa terhanyut kita saat membaca posting jurnal perjalanan teman2 di milist ini. Dan siapa tahu, dari tulisan2 perjalan tadi kita bisa bikin buku perjalanan "indobackpackernya lonely planet" a'la millist. Karena saya pribadi senang banget bisa membaca jurnal perjalanan seseorang, selain kita nambah info tentang site2 tertentu, kita juga bisa "lepas beban mental' sementara dari kerjaan or kesibukan kita masing melalui tulisan perjalanan teman2..yah anggap ajah dengan membaca buku or tulisan perjalanan kita juga sudah 50 % jadi traveller, adventurer, bacpacker atau apa pun namanya...itung2 bisa dapat julukan " The arm-chair traveller" (hehehe). Jadi, kalau boleh, kita minta permisi ke mbak tari...kita tunggu postingnya tentang bagaimana nulis n ambil foto perjalanannya...or maybe...kalau ada waktu kita kumpul2. Dan tentang hobi jalan/adventure, kalau gue rasa sih, orang yang mau jalan2 baik yang berbiaya mahal atau tidak...yang berbudget Rp 0,- atau yang Rp unlimited "soul"nya tetap kepada bagaimana cara orang memaknai perjalanannya masing2, termasuk apakah akhirnya perjalanannya punya makna tambahan atau tidak. Karena, mungkin saja bagi sebagian orang dengan menjadi seorang "Weekend Backpacker" ternyata bisa menyenangkan dibandingkan bawa ransel selama berminggu-minggu or mungkin berbulan2, karena, misalnya mereka sudah punya anak dan keluarga yang dicintai, sebesar cinta mereka kepada Backpack yang jadi teman perjalanan mereka....sekali lagi anda yang memilih. Saya sendiri jarang jalan2, karena selain dana terkadang waktu juga gak bisa. Tetapi untungnya karena tempat kerjaan saya "agak di pedalaman" dan "agak membutuhkan bolak2 kesana kemari gak jelas" yaaah itu bisa mengobati sakit mata saya dari rasa lelah rutinitas. tetapi gak bisa dipungkiri, terkadang dengan "bolak2 kesana kemari gak jelas" dan ngobrol dengan siapa pun di jalan kita bisa mendapatkan hal baru! atau, bisa juga kita bisa punya makna baru atas hal2 lama yang biasa kita lakukan!! ....atau mendapatkan makna seperti kebanyakan yang saya dapatkan: "semakin gak jelas euy!!! ....tetapi dengan semboyan "biar deh gue kerja begini, yang penting jalan2 dibayarin orang, terus tiap akhir bulan dapat gaji lagi" wuekek kek..hehehe Akhirnya,....semua masih belum berakhir...semua masih bergerak...baik hidup atau makna hidup dari kita masing-masing...jadi, sampai ketemu di perjalanan teman2 semua ! salam Ramlan
_____ From: [email protected] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Ms tari rahardjo Sent: 10 September 2008 0:18 To: [email protected] Subject: Re: [indobackpacker] Hobi Adventure/Jalan-jalan mengorbanan kemapanan di masa depan Hadyuuhh....-...Namakyu disebut! (Jadi inget lagu saat wisuda kakakku di Bogor puluhan tahun dulu, "Di doa Ibuku, namaku disebut.....-.." Tau gak? Ups, OOT....) Begini ya nak Andree ya..... Saya pun tidak sering jalan2, karena prioritas utama adalah nabung. Saya sendiri takjub dengan kenekadan teman2 yg menguras tabungan utk jalan2. Kenapa koq 3 th ini sering jalan? Begini....pada suatu hari lagi gak jelas, saya iseng2 nulis dan kirim di media. Eh dimuat....Lalu kepikiran lah aji mumpung, mumpung bisa nulis dan motret dikit2, kenapa gak sekalian aja membiayai traveling yg rada banyak2? Maka sejak itu, setiap traveling ada target : traveling = Rp0,-! Karena target tulisan dan foto harus bisa dimuat, maka traveling saya mulai lebih dari sekedar fun, karena mesti cari tempat yg pny nilai berita, dan explorasi lbh dalam ttg tempat tsb. Maka kalo dulu fun2 dan foto, maka skrg saya mempelajari tempat dan kehidupan masyarakat di tempat tsb. Cara traveling dgn tour pun saya hindari banget, krn tulisan yg dihasilkan pasti akan mati. Ternyata target utk menulis juga membuat gaya jalan kita lebih kaya. Kalo dulu cuma explore yang ini aja, tp krn utk nulis mesti explore ini-itu dan lebih dalam. Buat saya jalan2 is not simply the number of places. It is the exploration that counts the most! Saya pun tidak terlalu suka traveling banyak2, krn rasanya spt soup kebanyakan garam. Sy lbh suka traveling dikit aja tp explorasinya dalam. Jadi, di forum traveler spt IBP ini, kadang2 kita merasa peer pressure : kudu jalan2 biar dibilang petualang atau apa lah...... Saya suka heran dengan pertanyaan : "Udah pernah jalan kemana aja?" Lho, yang penting kan : kamu udah dapat hal baru apa dari jalan2? Apakah kamu dpt perspektif baru? Kalo jalan2 cuma dapat foto2 narsis aja kan menyedihkan.-...... BTW, traveling Rp 0,- gak cuma lewat tulisan, motret, atau sekolah. Tapi bisa juga lewat training dan konferensi. Banyak grant yg diberikan utk itu. Kemarin saya coba traveling Rp0,- via konferensi : saya tulis topik di bidang yang dari dulu pingin saya geluti tapi salah pilih jurusan. Jadi, selain bs traveling gratisan, punya experience konferensi international (skrg saya jadi paham betul kata orang2 bahasa internasional itu kalo gak inggris ya perancis....-.), punya jurnal international, dan yang terpenting : bisa pindah industri! Selama ini orang cuma punya pilihan berkarir di industri bidang kerja kita, suka gak suka. Nah, ini salah satu cara spy bisa pindah industri. Contrary to the common beliefs, saya penganut kepercayaan bahwa kemampuan - apalagi minat - kita tidak boleh dibatasi. Berarti, bukan tidak mungkin kita punya spesialisasi lebih dari satu bidang ;-) Jadi, kalo dirasa perlu cari 2nd job, maka pilihannya yang tersedia gak cuma dgn dagang, tapi tambah skill di bidang lain ;-) Anyway, kalo mau saya bisa share cara nulis n motret utk travel. Sifatnya share aja ya, saya bukan ahlinya....Kapan? Salam, Tari YM ID : HYPERLINK "mailto:kuntarini_rahsilawati%40yahoo.com"[EMAIL PROTECTED] HYPERLINK "http://kuntarini.multiply.com"http://kuntarini.-multiply.-com HYPERLINK "http://profiles.friendster.com/kuntarini"http://profiles.-friendster.-com/k untarini --- On Tue, 9/9/08, Stefanus Andree TW <HYPERLINK "mailto:andree_784%40yahoo.com"[EMAIL PROTECTED]> wrote: > HYPERLINK "mailto:[EMAIL PROTECTED]" . HYPERLINK "http://geo.yahoo.com/serv?s=97359714/grpId=13650709/grpspId=1705155186/msgI d=24844/stime=1220986902/nc1=4767086/nc2=3848627/nc3=4507179" Internal Virus Database is out-of-date. Checked by AVG. Version: 7.5.524 / Virus Database: 270.6.16/1641 - Release Date: 03/09/2008 0:00 Internal Virus Database is out-of-date. Checked by AVG. Version: 7.5.524 / Virus Database: 270.6.16/1641 - Release Date: 03/09/2008 0:00 [Non-text portions of this message have been removed]
