dear all.. membaca berbagai komentar yang ada, saya makin ngiler aja untuk cepet-cepet bertualang.. selama ini kesulitan, karena kerja di perusahaan yg sekarang ini belum setahun, belum punya jatah cuti.. sabtu juga kerja walau ga sampai sore, praktis bikin waktu libur makin berkurang aja. minggu biasanya nyerah dipakai istirahat, recharge buat senin mulai kerja lagi.. atau sibuk dirumah ngetik2 tesis kalau gak diminta anter orangtua ke rumah kerabat lain yang dekat2..
jadinya saya cuma gendong2 tas punggungnya ke kantor n kampus doang.. sedihnyaa... ada ide untuk jalan2 deket2 yg bisa pulang hari (rumah saya di tangerang)..? one day trip yg tetep cukup waktu istirahat biar besok kerja ga teler.. oia mba Tari, mau dong sharing cara nulis n motret utk travelnya.. tadinya saya mau ngumpulin modal buat dagang, biar ga jd karyawan mulu.. punya waktu leluasa buat jalan2.. tapinyaaaa.. duit mah ga kumpul2, travel mah ngga2 ajah.. T_T nah, siapa tau saya punya bakat terpendam di bidang jurnalistik, mungkin jd tambah kesempatan saya di industri lain.. ^^ nungguin jatah cuti kantor itu sungguh menyiksa perasaan.... salam, opi ----- Original Message ---- From: Ms tari rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> To: [email protected] Sent: Wednesday, September 10, 2008 12:17:52 AM Subject: Re: [indobackpacker] Hobi Adventure/Jalan-jalan mengorbanan kemapanan di masa depan Hadyuuhh.... ...Namakyu disebut! (Jadi inget lagu saat wisuda kakakku di Bogor puluhan tahun dulu, "Di doa Ibuku, namaku disebut..... .." Tau gak? Ups, OOT....) Begini ya nak Andree ya..... Saya pun tidak sering jalan2, karena prioritas utama adalah nabung. Saya sendiri takjub dengan kenekadan teman2 yg menguras tabungan utk jalan2. Kenapa koq 3 th ini sering jalan? Begini....pada suatu hari lagi gak jelas, saya iseng2 nulis dan kirim di media. Eh dimuat....Lalu kepikiran lah aji mumpung, mumpung bisa nulis dan motret dikit2, kenapa gak sekalian aja membiayai traveling yg rada banyak2? Maka sejak itu, setiap traveling ada target : traveling = Rp0,-! Karena target tulisan dan foto harus bisa dimuat, maka traveling saya mulai lebih dari sekedar fun, karena mesti cari tempat yg pny nilai berita, dan explorasi lbh dalam ttg tempat tsb. Maka kalo dulu fun2 dan foto, maka skrg saya mempelajari tempat dan kehidupan masyarakat di tempat tsb. Cara traveling dgn tour pun saya hindari banget, krn tulisan yg dihasilkan pasti akan mati. Ternyata target utk menulis juga membuat gaya jalan kita lebih kaya. Kalo dulu cuma explore yang ini aja, tp krn utk nulis mesti explore ini-itu dan lebih dalam. Buat saya jalan2 is not simply the number of places. It is the exploration that counts the most! Saya pun tidak terlalu suka traveling banyak2, krn rasanya spt soup kebanyakan garam. Sy lbh suka traveling dikit aja tp explorasinya dalam. Jadi, di forum traveler spt IBP ini, kadang2 kita merasa peer pressure : kudu jalan2 biar dibilang petualang atau apa lah...... Saya suka heran dengan pertanyaan : "Udah pernah jalan kemana aja?" Lho, yang penting kan : kamu udah dapat hal baru apa dari jalan2? Apakah kamu dpt perspektif baru? Kalo jalan2 cuma dapat foto2 narsis aja kan menyedihkan. ...... BTW, traveling Rp 0,- gak cuma lewat tulisan, motret, atau sekolah. Tapi bisa juga lewat training dan konferensi. Banyak grant yg diberikan utk itu. Kemarin saya coba traveling Rp0,- via konferensi : saya tulis topik di bidang yang dari dulu pingin saya geluti tapi salah pilih jurusan. Jadi, selain bs traveling gratisan, punya experience konferensi international (skrg saya jadi paham betul kata orang2 bahasa internasional itu kalo gak inggris ya perancis.... .), punya jurnal international, dan yang terpenting : bisa pindah industri! Selama ini orang cuma punya pilihan berkarir di industri bidang kerja kita, suka gak suka. Nah, ini salah satu cara spy bisa pindah industri. Contrary to the common beliefs, saya penganut kepercayaan bahwa kemampuan - apalagi minat - kita tidak boleh dibatasi. Berarti, bukan tidak mungkin kita punya spesialisasi lebih dari satu bidang ;-) Jadi, kalo dirasa perlu cari 2nd job, maka pilihannya yang tersedia gak cuma dgn dagang, tapi tambah skill di bidang lain ;-) Anyway, kalo mau saya bisa share cara nulis n motret utk travel. Sifatnya share aja ya, saya bukan ahlinya....Kapan? Salam, Tari YM ID : kuntarini_rahsilawa [EMAIL PROTECTED] com http://kuntarini. multiply. com http://profiles. friendster. com/kuntarini
