kalau di persh hitek , proses mikronya begini:
- R&D untuk nextgen produk sebagian besar dilakukan di AS
- fungsi penunjang yang bisa dilakukan di China/India bakal dilakukan
disana (contohnya untuk router cpu based)
- fungsi untuk code maintenance dilakukan di China/India
- Hardware manufacturing dilakukan di China.

OK, cukup make sense buat saya. thank atas petromaksnya (Fatih TM)

Jadi ya walaupun ada hiring smart people di AS, tapi ini hanya untuk
*expert* saja, jadi tidak semasif hiring di luar AS.

Lho jadi carlos termasuk Engineer di ring 1 donk, lah padahal kan kerjaan nya main2 doang sama router hahahah, tahu lah kerjaannya R&D selalu punya ide-2 gila yang masuk akal dan berusaha mewujudkannya....walapun kadang terwujud juga sich, terus terang saya suka orang2 gila kayak gini spt beberapa rekan disini  yang kerja di R&D dan saya memonitor kerjaan mereka, nothing impossible for them...

Misalnya XYZ company bikin next-gen chips, biasanya hiring 80% engineer
dengan kualitas B di India, sedangkan 20%nya yang kualitas A baru di
AS.

tapi lagi2 jangan disepelekan 80% engineer kelas B di India, it can be nightmare buat  yang 20% di USA, karena secara prinsip kalau kwantitasnya cukup banyak tingkat keberhasilannya cukup tinggi di banding dengan hanya focus pada kwalitas saja. Ingat Cina/India kirim ribuan mahasiswa tiap tahunnya untuk sekolah untuk study di luar negera mereka pada 1 atau 2 dekade yang lalu  dan yang dikirim ngga selalu yang pinter2 aja tapi juga yang sedang2 aja, dan hasilnya mereka leading,  tapi ini ngga berlaku buat indonesia karena hanya focus memberikan kesempatan beasiswa pada yang pintar2 saja  dan jumlahnya kan juga sedikit jadi  hasilnya orang pinternya makin mengerucut, saya fikir concept  yang di pakai amerika  spt yang carlos bilang akan kembali makan tuan, jadi nantinya bisa jadi expertnya cuman branding doang donk los.... hehehehe

Jadi disitu "balance"nya. Alias , engineer dengan kemampuan sedang2
saja akan tetap sulit dapatkan kerjaan di AS, tapi engineer dengan
kualitas yunior di India, akan gampang sekali dapat kerjaan.

dan semakin tidak tertutup kemungkinan kalau tingkat pengangguran makin tinggi di amerika, well nantinya bisa donk bayar Bule amerika murah, karena kalau ngga mau yaa ngga punya kerjaan,

-mcp

Kirim email ke