Dear Meylan,

Meski saya tidak pernah berdiskusi agama di milis ini, tapi karena anda
menyebut Hindu diantaranya, maka izinkan saya menjelaskan. Bagi saya,  anda mau
beragama atau tidak, itu adalah hak privat anda. Apakah anda berdosa ? Menurut
saya, beragama--atau memeluk salah satu agama--bukanlah prasyarat mendapat
gelar "tak berdosa", dan saya percaya ini juga berlaku sebaliknya : tidak
beragama lalu menjadi serta merta "berdosa". Bhagavad Gita mengatakan "dengan
cara apapun kau datang, dengan cara itu pula kau kuterima". Anda datang sebagai
pencuri, anda akan diperlakukan sebagai pencuri. Anda datang dengan cara
munafik, anda diterima di ruang tamu munafik dan mendapat perlakuan sebagaimana
yang layak bagi orang munafik. Anda berbudi luhur maka anda akan disambut
sebagai orang yang berbudi luhur. Tuhan, adalah sebuah hukum abadi dan maha
adil. Anda tak bisa mengharapkan memetik padi kalau anda hanya menanam jagung.
Hindu menyebutnya hukum karma. as so simple. Sebagai penganut agama Hindu,
kalau saya menemukan Tuhan yang pemarah, egois, pencemburu dan memaksa manusia
menyembahnya, maka menurut saya Tuhan itu telah menempatkan dirinya lebih
rendah dari manusia sehingga ia tak layak dipuja. Jika anda merasa tuhan
demikian bengis, saran saya, tinggalkan dia. Banyak manusia yang lebih berbudi
luhur dari tuhan seperti itu.
Tapi bagi penganut agama yang baik dan saleh, agama menyediakan ruang bagi
kesejukan bathin. Cara2 yang diekspolari oleh para maha resi Hindu ribuan tahun
yang lalu--saat manusia masih lebih dekat ke dunia spiritual dibanding
material--tentang bagaimna "menemukan dan marasakan" suasana spiritual, bagi
yang menekuninya, akan mendapatkan manfaatnya. Tapi itu hanya satu jalan. Bila
anda dapat menemukan jalan lain bagi tujuan itu, ya itupun sebuah prestasi, dan
saya yakin tuhan tidak akan menghukum anda karenanya. Ataupun kalau anda merasa
tidak butuh dengan spiritualitas, juga tidak apa2. kebutuhan manusia memang
beragam. Yang saya percaya akan menjadikan anda "berdosa" adalah : kalau anda
mencuri, memfitnah, menyakiti, merampok dan sederet perbuatan jahat lainnya.
Untuk perbuatan-perbuatan itu, entah anda beragama atau tidak, entah anda
melaksanakannya atas nama agama atau atas nama hal lain, saya sangat percaya,
anda akan "berdosa".
Jadi, jalani saja hari-hari anda, lakukan hal-hal baik, lakukan improvement
agar anda menjadi semakin baik setiap hari, semoga anda akan bahagia. Energi
kebaikan yang anda pancarkan akan memberi respon balik, dan anda layak menerima
kebaikan pula. Percayalah, tuhan cukup bahagia melihat anda berbuat baik. Ia
tak butuh puja puji. Kalau orang Hindu gemar berdoa, itu hanyalah cara mereka
melatih diri agar bisa dekat dengan tuhannnya. Bukan karena tuhan yang gila
puja puji.

Rgrds,