kalau pemecahan jangka panjang untuk transportasi, ya tranpsortasi
publik. 

saya sepakat pembatasan kendaraan. setau saya gak sesederhana dengan
membatasi per KK hanya boleh punya sekian motor atau sekian mobil.
bisa dengan harga BBM yang tinggi, bisa dengan pajak masuk, bisa
dengan pajak tahunan, bisa dengan mempersulit perolehan kendaraan.

sayang, pemerintah cukup takut dengan produsen maupun distributor
otomotif. belum lagi pihak-pihak yang mengambil untung dari masuknya
produk otomotif ini. 

padahal mudah saja, kendaraan pribadi diatas 2000 cc kasih aja pajak
10 juta setahun. trus tiap tahunnya kasih peningkatan 30%-50%. biaya
masuk boleh murah, pajak tahunan kasih selangit. beres deh.

tapi, rata-rata pengguna kendaraan diatas 2000cc ternyata para pembuat
kebijakan. atau orang yang dekat si pembuat kebijakan. mana mau mereka
hidup gak enak, hehe...

periode 1997-2002 (kalo gak salah), pemda bali punya konsultan yang
perorangnya dibiayai diatas 20 juta rupiah. program mereka melakukan
perencanaan bali urban infrastructure project. salah satu yang diurusi
masalah transportasi publik ini. entah bagaimana hasilnya, karena
sampai sekarang daerah urban di bali toh sama saja. 

karena studinya sudah begitu lama berlalu. mau jangka panjang berapa
tahun lagi?

salam,
heru
http://kataheru.com


--- In [email protected], "Made Suryawan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Anyway, back to the topic. Saya ga tau apa benar naiknya harga minyak
> dunia bisa sampai membobol APBN negara ini sampe sedemikian parahnya.
> Yang jelas kalaupun iya, saya pikir pemerintah ga hanya mencari jalan
> keluar dengan jalan pintas seperti menaikkan harga BBM. Okelah, anggap
> saja tidak bisa dihindari. Saya pikir harus dipikirkan juga solusi
> jangka panjangnya! 
> 
>  
> 
> Penghematan adalah jalan keluar yang sebenarnya paling mudah, kalau mau
> berusaha dilakukan. Jangan salahkan orang punya mobil banyak, karena
> pemerintah sendiri tidak pernah mengatur berapa jumlah mobil yang boleh
> dimiliki warga negaranya. Memang sih itu kembali ke diri sendiri yang
> punya mobilnya, tapi at least pemerintah ada niat untuk mengatur hal
> ini. Misal saja dengan meningkatkan pajak untuk mobil2 mewah, dsb!


Kirim email ke