Sedikit urun rembug,
 
memang kayanya dilema ya, memikirkan kepentingan masa depan dengan apa yang 
kita kejar sebagai pengkayaan pengalaman.
sedikit gambaran pengalaman saya, memang sangat "riskan dan absurd" jika 
kondisi ekonomi kita ngga "mapan" untuk melakukan perjalanan dan 
petualangan-petualangan terutama kita yang hidup di negara berkembang. kecuali 
mental kita dan keluarga kita sudah sangat siap dengan gaya hidup dan 
kemungkinan2 terburuk.
 
alasan itu saya ungkapkan pertama, karena,...ya memang itu alasannya,
saya bisa buktikan waktu saya hidup (sekolah) di negara yang lebih maju, untuk 
melakukan sebuah perjalanan selama sebulan keliling eropa barat yang saya 
lakukan hanya bekerja tambahan selama 1 bulan (akomodasi backpacking), hal ini 
ngga mungkin (atau masih mungkin buat yang sangat kreatif) untuk dilakukan 
disini,...misal seperti pekerjaan saya tadi, adalah fruit picking (sepele kan, 
8 jam sehari)
 
disisi lain, jika teman saya yang kebetulan Bule, mau liburan di Indonesia 
setahun, yang mesti dia lakukan adalah nabung dengan cermat selama 6 
bulan....atau mungkin lebih sedikit.
 
dari sini, jika saya lihat bahwa backpacking dan traveling itu bukan sebuah 
perjalanan mewah, bagi kita yang tinggal dan bekerja di Indonesia, dengan beban 
keluarga dan cicilan (hehehehe) pasti sangat berat., untuk backpacking ke luar 
negeri (apalagi dalam negeri- *n.b saya catatkan perjalanan di dalam negeri 
ngga selalu lebih murah apalagi kalau memang yang kita cari benar2 di belahan 
waktu Indonesia yang lain)
 
Dari situ mungkin terefleksi di diri saya sendiri, (ketika beban keluarga dan 
ekonomi makin berat) saya mulai melihat, apa yang dekat dengan saya tapi saya 
sering terlewat. Banyak hal2 indah dan unik di daerah sekitar yang kadang2 kita 
juga belum tahu atau belum pernah.
 
Travelling sebagai investasi, hal itu mungkin lucu dan terkesan absurd, tapi 
menurut saya hal tersebut wajar, apalagi jika anda wiraswasta atau siapapun 
yang bergerak di bidang Industri Kreatif. Banyak hal baru dan inspirasi yang 
secara langsung atau ngga, akan mulai mencuci isi kepala,....pasti deh....
 
Nah, kalau gitu buat saya traveling jika anda memang harus dan pengen,....saran 
saya untuk diagendakan sebagai pengeluaran tetap :D jangan kalau ada uang, tapi 
sudah direncanakan walau ga ada uangnya,...hehehehehe sekecil apapun traveling 
itu.
 
buat saya, saya bisa ngurangin makan di luar dan shopping hanya untuk nabung 
travelling,
karena ngga travelling setahun, saya ternyata bisa sakit......(sugesti 
berbahaya,...)
 
mungkin memang prioritas mana yang ingin anda lakukan lebih dulu....
 
Salam,
 
Tito
 


--- On Tue, 9/9/08, noorman fanani <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: noorman fanani <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Bls: [indobackpacker] Hobi Adventure/Jalan-jalan mengorbanan kemapanan 
di masa depan
To: [email protected]
Date: Tuesday, September 9, 2008, 6:08 AM






sekedar menyambung email dari sdr Stefanus Andre...
Kadang2 pas saya membaca kisah dari rekan2 yang ada di indobackpacker, bs 
membuat saya iri hati kepada kalian.. Pengin banget rasanya bisa merasakan apa 
yang rekan2 rasakan saat melakukan traveling (baik traveling di dalam maupun di 
luar negeri). Tapi ngapain iri hati terus, sekedar membaca cerita dari rekan2 
backpaker aja udah bikin senang hati.... Meskipun dalam diri ini sering 
bertanya, kapan ya saya bisa menikmati hidup seperti rekan2 sekalian.. bisa 
traveling kemanapun mau.... 
Dalam melakukan kegiatan traveling saja saya harus mikir 2x, mengingat saya 
skrang dah menjadi tulang punggung kelrg, setidaknya harus mampu meninggalkan 
bekal bagi klrga yang ditinggal seandainya traveling atas biaya sendiri... 
Akan tetapi seandainya diberi penugasan ke luar oleh kantor, maka bisa jadi 
penugasan tsb saya manfaatkan seoptimal mungkin. Sehingga seringkali Untuk 
traveling ini saya namakan "Abidin(atas biaya dinas)"kantor, he3x.
Mhn maaf sekiranya ada kata2 yang kurang berkenan dalam penulisan email ini..

----- Pesan Asli ----
Dari: Stefanus Andree TW <[EMAIL PROTECTED] com>
Kepada: indobackpacker@ yahoogroups. com
Terkirim: Selasa, 9 September, 2008 16:34:08
Topik: [indobackpacker] Hobi Adventure/Jalan- jalan mengorbanan kemapanan di 
masa depan

Pleasure is a Precious thing...

Itu lah yang saya dengar dari teman kantor di sebelah saya.
Singkat, namun tepat.

Saya tidak pandai menulis, tapi saya coba tuangkan apa yang saya maksud dalam 
corat coret sederhana ini.

Kerap kali saya terheran-heran dengan beberapa teman di indobackpacker. Mereka 
seperti punya sayap, bebas pergi kemana pun mereka mau. Dan memang terlihat fun 
sekali.
Sering kali saya bertanya dalam hati, bagaimana mereka merencanakan masa depan 
mereka jika setiap kali mereka jalan-jalan terus. 
Bahkan baru-baru ini saya baca ada istilah 'mumpung masih muda, hayo keliling 
dunia'. Yah mungkin tidak persis seperti itu, tapi kira-kira itu lah maksudnya.
Dan juga, ada ide untuk bekerja di luar negeri dan dananya dipakai untuk 
jalan-jalan.

Tidak ada yang salah memang, dan saya tidak bertujuan menyalahkan sesuatu atau 
siapapun.
Hanya saja, kalau saya merencanakan kerja di luar negeri, itu sudah terbayang, 
bagaimana dan berapa yang harus saya cari. Berapa yang harus saya sumbangkan ke 
orang tua saya. Dan lain-lain.
Jalan-jalan, mungkin adalah kegiatan yg dapat dilakukan 1 tahun sekali.

Jika memungkinkan, saya juga ingin punya sayap dan terbang kemana pun saya mau, 
yah.. seperti yang beberapa teman lakukan. Melihat keindahan-keindahan dan 
keunikan dari dunia.

Tapi bagi saya sekarang ini, Adventure adalah sesuatu yang akan mengorbankan 
kemapanan di masa depan. Yah... sejak saya orang yang pas-pas an dan 
bertanggung jawab atas kehidupan keluarga (orang tua) saya.

Mungkin dari teman-teman 'bersayap' ada yang bisa sharing, mengenai hal ini, 
bagaimana kalian fun dan membuat segala sesuatunya aman bagi masa depan kalian.

*Teman-teman 'bersayap' yang saya maksud adalah orang-orang yang kegiatannya 
bisa dikatakan adventure terus, yah... seperti mbak tari mungkin. Dia bisa 
lompat dari satu tempat ke tempat lainnya, kalau saya, pasti sudah mikir 
masalah beaya, dan sisa umur produktif saya kalau mau dihabiskan 1 tahun tuk 
adventure sambil kerja di Ausi misalnya...

Yah smoga bahasa pas-pas an saya bisa menyampaikan apa maksud saya ke 
rekan-rekan pembaca. Thx

Regards,

Andree


[Non-text portions of this message have been removed]

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail. com.
http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ id/

[Non-text portions of this message have been removed]

 














      

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke