seru sekali topiknya,aku juga pengen sharing. aku benar - benar
beruntung karena punya orang tua yang hobby jalan - jalan juga,
walaupun kami berasal dari keluarga sederhana tapi kebersamaan saat
traveling adalah yang menyatukan keluarga kami. Dulu ayahku sering
pergi keluar kota begitu dia pulang pasti kami sekeluarga diajak jalan
- jalan dan beruntung pula kami tinggal di daerah Parahyangan yang
keindahan alamnya tidak diragukan lagi dan tidak perlu biaya yang
mahal.

kebiasaan aku jalan sudah diajarkan semenjak aku kecil untuk
menghargai kebesaran Sang Pencipta(mungkin kalau anak2 sekarang
diajaknya ke mall untuk menghambur - hamburkan uang), kadang ayahku
mengajak aku untuk camping, memancing, main layangan di pantai bahkan
"ngurek" (mencari belut) atau naik gunung bahkan kami sempat camping
dibelakang rumah gara2 waktu itu aku pengen camping tapi ayahku ga
bisa,dan ketika aku beranjak dewasa orang tuaku sama sekali ga ada
masalah malah beliau mendukung bahkan mamaku bilang "sebelum kamu
punya suami dan keluarga nikamtilah jalan2 dan jelajahi negeri ini
pelajari latar kebudayaannya untuk menambah ilmu bekal nanti cerita ke
anak cucu,kalau sudah berkeluarga susah mending kalau dapat suami yang
punya hobby sama" dan thanks God sampai sekarang aku masih diberikan
kepercayaan.

Tentang hobby traveling mengorbankan kemapanan dimasa
depan tergantung kita mengelolanya bagaimana, jangan sampai besar
pasak dari pada tiang, kalau aku sendiri biasanya menyisihkan 30% dari
salary aku untuk budget tiap bulan makanya setelah bergabung bersama
beberapa milist jalan2 budgetnya sedikit berkurang karena bisa
disharing dengan yang lain dan aku menemukan teman jalan yang asyik,
kalau dulu sih sering pergi sendiri dan mengeluarkan biaya yang
lumayan menguras kantong apalagi aku orangnya suka nekad pergi sendiri
dan tanpa tujuan dan informasi yang jelas. Pada intinya cari program
jalan2 yang ga bikin kantong bolong, dan mungkin kalau nanti kita udah
tahu beberapa tempat mungkin bisa jadi EO dan kita dibayarin orang
untuk jalan2. Things to do pada saat dilokasi cari info sebanyak2nya
dan jangan lupa dicatat siapa tau nanti berguna. Mungkin sudah banyak
yang melakukannya juga sih

:) Ida Jelek

Kirim email ke