seru sekali topiknya,aku juga pengen sharing. aku benar - benar beruntung karena punya orang tua yang hobby jalan - jalan juga, walaupun kami berasal dari keluarga sederhana tapi kebersamaan saat traveling adalah yang menyatukan keluarga kami. Dulu ayahku sering pergi keluar kota begitu dia pulang pasti kami sekeluarga diajak jalan - jalan dan beruntung pula kami tinggal di daerah Parahyangan yang keindahan alamnya tidak diragukan lagi dan tidak perlu biaya yang mahal.
kebiasaan aku jalan sudah diajarkan semenjak aku kecil untuk menghargai kebesaran Sang Pencipta(mungkin kalau anak2 sekarang diajaknya ke mall untuk menghambur - hamburkan uang), kadang ayahku mengajak aku untuk camping, memancing, main layangan di pantai bahkan "ngurek" (mencari belut) atau naik gunung bahkan kami sempat camping dibelakang rumah gara2 waktu itu aku pengen camping tapi ayahku ga bisa,dan ketika aku beranjak dewasa orang tuaku sama sekali ga ada masalah malah beliau mendukung bahkan mamaku bilang "sebelum kamu punya suami dan keluarga nikamtilah jalan2 dan jelajahi negeri ini pelajari latar kebudayaannya untuk menambah ilmu bekal nanti cerita ke anak cucu,kalau sudah berkeluarga susah mending kalau dapat suami yang punya hobby sama" dan thanks God sampai sekarang aku masih diberikan kepercayaan. Tentang hobby traveling mengorbankan kemapanan dimasa depan tergantung kita mengelolanya bagaimana, jangan sampai besar pasak dari pada tiang, kalau aku sendiri biasanya menyisihkan 30% dari salary aku untuk budget tiap bulan makanya setelah bergabung bersama beberapa milist jalan2 budgetnya sedikit berkurang karena bisa disharing dengan yang lain dan aku menemukan teman jalan yang asyik, kalau dulu sih sering pergi sendiri dan mengeluarkan biaya yang lumayan menguras kantong apalagi aku orangnya suka nekad pergi sendiri dan tanpa tujuan dan informasi yang jelas. Pada intinya cari program jalan2 yang ga bikin kantong bolong, dan mungkin kalau nanti kita udah tahu beberapa tempat mungkin bisa jadi EO dan kita dibayarin orang untuk jalan2. Things to do pada saat dilokasi cari info sebanyak2nya dan jangan lupa dicatat siapa tau nanti berguna. Mungkin sudah banyak yang melakukannya juga sih :) Ida Jelek
