Dear Rahmi, Emang gitu ya jadi anak cewe. Apa-apa ngga boleh karena orang tua over protective. Saya ada beberapa teman yang punya pengalaman kayak kamu. Ada yang udah kerja, pas di tempat tujuan disuruh pulang sama ibunya. Dia nya nangis -nangis , kita jadi ikutan sedih ngecup-cup in biar ga terlalu lama nangisnya. Ada juga temen kuliah saya yang selalu bilang kalo saya ikutan jalan juga biar dia dapet ijin, padahal saya nggak ikutan.
Kalau saya lihat ini karena orang tua nggak percaya anaknya bisa menjaga diri tanpa sepengetahuan orang tua. Setelah punya anak, baru deh kita tau kenapa orang tua begitu. Yang musti dilakukan apalagi kalau bukan menanamkan kepercayaan kepada mereka. Caranya kita bisa cerita dengan siapa kita pergi. Kalau orang tua ngga kenal temen kita itu, ajak aja teman perjalanan kamu ke rumah. Kenalkan kepada orang tua. Tapi temennya musti dipilih dulu ya . soalnya kalo tampangnya sangar dan nggak sopan, yaa malah tambah dilarang deh .apalagi yang mupeng . huehuehe . Pokoknya gimana bisa menarik hati orang tua kamu. Nggak musti temen cowo loh, temen cewe malah lebih ampuh. Terus kita ceritain ke mereka sejelas-jelasnya rencana perjalanan kita.Kemana, kapan, ngapain. Kasih nomor telpon orang-orang yang bisa dihubungi. Kalau sudah reserve hotel, kasih no hotel tempat kamu tinggal. Trus juga diselipin cerita keinginan kita melihat tempat tempat lain selain rumah-kantor-sekolah. Pake jurus merayu yang halus. Jadiin rumah kamu sebagai posko keberangkatan. Kalau kita pernah dapat ijin pergi, ceritain penga laman kita selama berpergian. Cerita betapa senangnya kita pergi dan bisa mandiri tanpa orang tua. Kasih lihat foto-foto kamu yang riang gembira. Masa sih orang tua nggak luluh ngeliat anaknya seneng begitu. Ceritanya sembari pijit-pijit tuh kaki orang tua kamu. Kalau masih nggak boleh lagi ..hhmmm.ini ada sedikit trik. Saya punya pengalaman ketika kelas 2 SMP minta ijin ikutan naik gunung. Orang tua saya sama sekali nggak ngijinin. Saya nangis bombay seharian, semaleman, sampai besoknya, tapi asli akting. Temen2 saya mo jalan jam 10 pagi, jam 8 saya baru dapet ijin. Mungkin karena akting saya begitu mengesankan, jadi bapak saya kasian. Beberapa waktu kemudian baru saya tau kalau pembina pramuka di tempat saya ikut 'campur tangan' membujuk orang tua saya. Cihuy ! Setelah itu, saya selalu diberi ijin pergi. Tapi yang lebih penting dari itu adalah kamu mendekati mereka bukan cuma pas mo pergi aja. Pas ada perlu baru deket deket sama orang tua. Mau lah kalo disuruh ini itu. Pokoknya nyenengin orang tua kapan aja. Mudah-mudahan bisa sukses, yaa .. [uh gue tua banget nih ngasih nasehat] Salam, Ningsih From: [email protected] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of rahmi fitriani Sent: Wednesday, September 10, 2008 2:00 PM To: [email protected] Subject: Re: [indobackpacker] re: Hobi Adventure/Jalan-jalan mengorbanan kemapanan di masa depan Pengen banget deh kaya teman-teman semua yang bisa punya kesempatan jalan2. Aku sebenernya pengen banget, tapi belum bisa. Masih ada aja kendalanya. Kalo harus jalan dengan bugdet minim sih aku gak masalah. Yang penting jalan2. Tapi kendala yang paling susah aku hadapi adalah ijin orangtua. Yah maklumlah anak perempuan kali ya. Ngiri banget makanya sama temen2 yang bisa travelling . Pernah sih diijinin jalan, tapi itu pun karena program wajib dari sekolah, kalo pergi sendiri bareng temen gak boleh. Padahal, sebulan yang lalu temenku ngajakin backpacking ke Yogya. Tapi yah begitulah, gagal. Bagaimana ya caranya meyakinkan ortu kalo aku tuh dah gede dan bisa jaga diri? [Non-text portions of this message have been removed] [Non-text portions of this message have been removed]
