Dear Rahmi,

Emang gitu ya jadi anak cewe. Apa-apa ngga boleh karena orang tua over
protective. Saya ada beberapa teman yang punya pengalaman kayak kamu. Ada
yang udah kerja, pas di tempat tujuan disuruh pulang sama ibunya. Dia nya
nangis -nangis , kita jadi ikutan sedih ngecup-cup in biar ga terlalu lama
nangisnya. Ada juga temen kuliah saya yang selalu bilang kalo saya ikutan
jalan juga biar dia dapet ijin, padahal saya nggak ikutan. 

 

Kalau saya lihat ini karena orang tua nggak percaya anaknya bisa menjaga
diri tanpa sepengetahuan orang tua. Setelah punya anak, baru deh kita tau
kenapa orang tua begitu. Yang musti dilakukan apalagi kalau bukan menanamkan
kepercayaan kepada mereka. Caranya kita bisa cerita dengan siapa kita pergi.
Kalau orang tua ngga kenal temen kita itu, ajak aja teman perjalanan kamu ke
rumah. Kenalkan kepada orang tua. Tapi temennya musti dipilih dulu ya .
soalnya kalo tampangnya sangar dan nggak sopan, yaa malah tambah dilarang
deh .apalagi yang mupeng . huehuehe . Pokoknya gimana bisa menarik hati
orang tua kamu. Nggak musti temen cowo loh, temen cewe malah lebih ampuh. 

 

Terus kita ceritain ke mereka sejelas-jelasnya rencana perjalanan
kita.Kemana, kapan, ngapain. Kasih nomor telpon orang-orang yang bisa
dihubungi. Kalau sudah reserve hotel, kasih no hotel tempat kamu tinggal.
Trus juga diselipin cerita keinginan kita melihat tempat tempat lain selain
rumah-kantor-sekolah. Pake jurus merayu yang halus. Jadiin rumah kamu
sebagai posko keberangkatan. 

 

Kalau kita pernah dapat ijin pergi, ceritain penga laman kita selama
berpergian. Cerita betapa senangnya kita pergi dan bisa mandiri tanpa orang
tua. Kasih lihat foto-foto kamu yang riang gembira. Masa sih orang tua nggak
luluh ngeliat anaknya seneng begitu. Ceritanya sembari pijit-pijit tuh kaki
orang tua  kamu. 

 

Kalau masih nggak boleh lagi ..hhmmm.ini ada sedikit trik.  Saya punya
pengalaman ketika kelas 2 SMP minta ijin ikutan naik gunung. Orang tua saya
sama sekali nggak ngijinin. Saya nangis bombay seharian, semaleman, sampai
besoknya, tapi asli akting. Temen2 saya mo jalan jam 10 pagi, jam 8 saya
baru dapet ijin. Mungkin karena akting saya begitu mengesankan, jadi bapak
saya kasian. Beberapa waktu kemudian baru saya tau kalau pembina pramuka di
tempat saya ikut 'campur tangan' membujuk orang tua saya. Cihuy ! Setelah
itu, saya selalu diberi ijin pergi.

 

Tapi yang lebih penting dari itu adalah kamu mendekati mereka bukan cuma pas
mo pergi aja. Pas ada perlu baru deket deket sama orang tua. Mau lah kalo
disuruh ini itu. Pokoknya nyenengin orang tua kapan aja.

 

Mudah-mudahan bisa sukses, yaa .. [uh gue tua banget nih ngasih nasehat]

 

Salam,

Ningsih

 

From: [email protected] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
On Behalf Of rahmi fitriani
Sent: Wednesday, September 10, 2008 2:00 PM
To: [email protected]
Subject: Re: [indobackpacker] re: Hobi Adventure/Jalan-jalan mengorbanan
kemapanan di masa depan

 


Pengen banget deh kaya teman-teman semua yang bisa punya kesempatan jalan2.
Aku sebenernya pengen banget, tapi belum bisa. Masih ada aja kendalanya.
Kalo harus jalan dengan bugdet minim sih aku gak masalah. Yang penting
jalan2. Tapi kendala yang paling susah aku hadapi adalah ijin orangtua. Yah
maklumlah anak perempuan kali ya. Ngiri banget makanya sama temen2 yang bisa
travelling . Pernah sih diijinin jalan, tapi itu pun karena program wajib
dari sekolah, kalo pergi sendiri bareng temen gak boleh. Padahal, sebulan
yang lalu temenku ngajakin backpacking ke Yogya. Tapi yah begitulah, gagal.
Bagaimana ya caranya meyakinkan ortu kalo aku tuh dah gede dan bisa jaga
diri?

[Non-text portions of this message have been removed]

 



[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke