On 4/16/06, Estananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Nano:
> Inilah yang saya baca dari IEEE Spectrum edisi Maret:
>
> Cisco akan menanam modal 750 juta dollar untuk chip design di Bangalore. Ini
> bagian dari investasi 1 milyar dollar US, 100 juta di antaranya untuk
> (Indian!) start-up companies.
> Microsoft akan menanam modal 1,7 milyar dollar AS di India termasuk 250 juta
> dollar untuk VC.
> IBM mengoutsource-kan power architecture ke HCL di India, 1000 engineer
> terlibat di sini.
> AMD akan mengucurkan dana 3 milyar dollar untuk membangun fab bernama
> [...]

Teori/cara inilah yang sudah kami coba (tapi banyak orang gak percaya).
Yaitu:
1. dibutuhkan perusahaan besar (Cisco, IBM, AMD, Microsoft) untuk
   menjadi anchor/buffer
2. perusahaan ini membuat research center di dekat kampus
   (kita berhasil melobby microsoft, tapi disimpan di jababeka. mana jalan???
   harus diletakkan di sebelah ITB, baru bisa jalan)

Yang dilakukan oleh India itu sudah bener!

-- budi

Kirim email ke